Studi Menunjukkan Selera Musik Seseorang Dibentuk di Usia SMP

  • By: OGP
  • Sabtu, 24 February 2018
  • 1070 Views
  • 4 Likes
  • 7 Shares

Baru-baru ini, sebuah data analisis Spotify dari New York Times, menemukan fakta penting terkait selera lagu manusia. Dijelaskan bahwa lagu-lagu yang lazimnya didengar pada fase remaja ternyata cukup berperan penting dalam pembentukan selera musik di masa dewasa.

Untuk kaum pria, periode penting pembentukan selera musik adalah ketika menginjak usia antara 13 sampai 16 tahun, di mana rata-rata lagu favorit mereka rilis di saat usia 14 tahun. Sementara itu kaum wanita, periode penting pembentukan selera musik adalah saat menyentuh usia 11 sampai 14 tahun, dimana umumnya lagu kesukaan mereka rilis serentak ketika usia 13 tahun.

Selain itu, ditemukan juga fakta menarik bahwa pengaruh musik di masa kecil lebih kentara dirasakan oleh kaum wanita ketimbang pria, serta periode-periode krusial pembentukan selera musik begitu terkait dengan masa-masa akhir pubertas.

The New York Times juga menganalisa setiap single di tangga lagu teratas Billboard yang rilis antara tahun 1960 sampai 2000. Contohnya adalah lagu andalan Radiohead, “Creep”. New York Times menemukan bahwa single yang melambungkan nama Thom Yorke tersebut merupakan salah satu lagu yang digemari oleh pria yang kini berumur 38 tahun. Sementara itu, lagu “Just Like Heaven” milik The Cure yang rilis tahun 1987 sangat populer di kalangan wanita yang saat ini berusia 41 tahun.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
156 views
superbuzz
195 views
superbuzz
171 views
superbuzz
196 views