Studi: Musik Metal Baik untuk Otak

  • By: OGP
  • Sabtu, 3 March 2018
  • 3210 Views
  • 1 Likes
  • 7 Shares

Bagi sebagian awam, musik metal selalu diidentikkan dengan hentakan agresif, raungan gitar bising, serta selipan teriakan vokal penuh amarah. Oleh karena itu, tak semua suka mendengarkan metal. Bahkan beberapa orang menganggap musik metal bisa memekakkan telinga dan merusak mental.

Namun siapa sangka, musik ekstrem ternyata punya pengaruh positif terhadap otak. Demikian kesimpulan sebuah studi yang dilakukan Journal of Community Psychology. Mereka mengungkapkan bahwa mendengarkan musik metal bisa meningkatkan kesehatan mental bagi individu yang berusia antara 18-24 tahun. Studi ini dilakukan sebagai respons dari sebuah kekeliruan gagasan yang menyatakan bahwa menikmati musik metal dapat mengantarkan seseorang ke masalah kesehatan. 

Penelitian ini berpendapat bahwa komunitas sosial dan pengaruh yang diberikan musik metal dapat meningkatkan mental positif bagi para penggemar musik kalangan muda. Dalam penelitian tersebut, disebutkan para peneliti studi telah berbicara kepada 28 remaja asal Australia (5 wanita dan 23 pria) yang hasilnya diakui bahwa mereka begitu mengenali musik metal dan merasa komunitasnya turut melindungi mereka dari penyakit kejiwaan.

“Empat permasalahan inti kami temukan dari transkrip. Mereka semua korban bully atau yang terpinggirkan dari hubungan sosial di sekolah. Mereka menikmati dampak dari musik metal beserta lirik di dalamnya ketika sedang marah atau dikucilkan,” ungkap Paula Rowe dilansir melalui Digital Music News via Alternative Press.

“Mereka merasa bagian dari pelindung komunitas metalhead, meskipun dalam banyak kasus di usia mereka lebih banyak diimajinasikan ketimbang aksi nyata. Dan mewujudkan identitas metal akan memungkinkan mereka untuk melawan bully, pencelaan, dan yang hal-hal lainnya serta menemukan kelompok pertemanan baru,” pungkas Rowe.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
3546 views