Stupidity

Stupidity Rilis Versi Baru dari “Djakarta For The Punk”

  • By:
  • Sabtu, 19 December 2020
  • 851 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Hadir dengan julukan Heavy Metal Punk Rock Band, Stupidity merupakan salah satu unit punk rock asal Jakarta yang sudah lama sekali malang melintang di skena musik bawah tanah Indonesia. Terbentuk di tahun 1998, Stupidity baru saja kembali merilis sebuah lagu berjudul Djakarta For The Punk.

Lagu Djakarta For The Punk sebenarnya merupakan karya yang dulu sempat dipopulerkan oleh Stupidity dan kembali dirilis ulang untuk album yang berisi kumpulan lagu terbaik berjudul 20 Bertahun Kisah di tahun ini. Untuk album kompilasi 20 Bertahun Kisah, Stupidity meramu aransemen ulang untuk lagu Djakarta For The Punk. Stupidity merilis album 20 Bertahun Kisah dalam format kaset pita berisi 21 lagu terbaik sepanjang karier Stupidity,

Stupidity merupakan kelompok musik punk rock asal Jakarta yang berdiri pada tahun 1998. Ide lahirnya Stupidity berasal dari sekelompok mahasiswa Bina Sarana Informatika di bilangan Fatmawati, Jakarta. Semasa perjalanan kariernya, Stupidity diperkuat oleh kehadiran Nort (vokal), Rud (gitar), Much (drum), dan Deck (bass). Keempat anggota tersebut bertahan untuk memperkuat Stupidity hingga tahun 2010.

Sejak tahun 1998, Stupidity baru berhasil merilis rangkuman karya-karyanya di tahun 2000. Pada tahun tersebut, Stupidity berhasil merilis sebuah mini album berjudul Cacat Mental Session. Mini album Cacat Mental Session berisi 7 buah lagu yang direkam selama perjalanan karier Stupidity hingga tahun 2000. Satu tahun setelahnya, tepatnya di tahun 2001, Stupidity merilis album penuh perdana mereka berjudul No Fucking Auditions yang berisi 17 lagu. 

Stupidity juga dikenal sebagai sebuah unit yang cukup gemar berkolaborasi demi mengembangkan skena punk rock tempat mereka bernaung. Hal tersebut melahirkan sebuah album split, hasil kolaborasi antara Stupidity dan Street Voices di tahun 2002. Kolaborasi antara Stupidity dan Street Voices di tahun 2002 tersebut berhasil menelurkan sebuah album split berisi 6 buah lagu berjudul The story Of Our Life’s. Album kedua Stupidity lahir dua tahun setelah rilisnya album split bersama Street Voices tersebut. Di tahun 2004, Stupidity berhasil merilis album kedua berisi 17 lagu. Album kedua Stupidity ini hadir dengan judul This is Our Poem’s.

Setelah merilis album keduanya, tiga tahun berikutnya Stupidity kembali merilis album split. Untuk kolaborasinya di tahun 2007, Stupidity merilis sebuah album split bersama Konflik berisi 5 buah lagu berjudul Our Great Split Album. Untuk album ketiga dan keempatnya, Stupidity telah menyiapkan satu buah judul untuk dibagi dalam dua masa, meskipun masih berbagi tahun yang sama. Pertama adalah The Long And Winding Road Vol. 1 yang didaulat sebagai album ketiga dari Stupidity yang rilis pada bulan Maret 2010 dengan 13 buah lagu. Sedangkan untuk The Long And Winding Road Vol. 2 yang merupakan album keempat, Stupidity merilisnya satu bulan setelah album ketiganya, di bulan April 2010.


Nama Stupidity juga kerap kali hadir di berbagai album kompilasi garapan kolektif punk rock Tanah Air, di antaranya adalah album kompilasi United One di tahun 2000, Unit Gawat Darurat di tahun 2001, The Boot Troopers di tahun 2002, dan A Tribute to The Ramones di tahun 2004.

0 COMMENTS