Sum 41 Rilis Ulang Lagu ‘Catching Fire’ Bareng nothing, nowhere

Sum 41 Rilis Ulang Lagu ‘Catching Fire’ Bareng nothing, nowhere

  • By:
  • Kamis, 24 June 2021
  • 82 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kolaborasi epik dilakukan unit punk asal Kanada, Sum 41, dengan kompatriot mereka nothing, nowhere. Bersama alt. rapper tersebut, Sum 41 merilis versi terbaru dari lagu lama Sum 41 berjudul Catching Fire.

Catching Fire sendiri merupakan lagu Sum 41 yang masuk sebagai salah satu tracklist di album ketujuh mereka, Order in Decline, yang dirilis pada 2019 melalui Hopeless Records. Di album tersebut Sum 41 juga memasukkan Catching Fire versi akustik sebagai bonus track bersama dengan versi akustik lagu Heads Will Roll.

Kini, versi terbaru dari lagu Catching Fire hasil kolaborasi Sum 41 dengan nothing, nowhere dirilis pada Jumat, 28 Mei 2021 untuk memperingati Mental Health Awareness Month. Ya, lagu Catching Fire memang punya makna mendalam soal kesehatan mental.

Lagu tersebut ditulis oleh frontman Sum 41, Deryck Whibley tentang istrinya, Ari Whibley, yang pernah melakukan percobaan bunuh diri pada 2013 silam. Sum 41 berharap dengan dirilisnya lagu ini pada Mental Health Awareness Month bisa menarik perhatian untuk pencegahan bunuh diri dan mematahkan stigma negatif soal kesehatan mental.

Baca juga: 7 Lagu Soundtrack Film dari Band Metal dan Rock

"Menulis lagu ini adalah katarsis bagi saya dalam menghadapi emosi saya untuk pertama kalinya ketika hampir kehilangan istri saya karena percobaan bunuh diri," kata Whibley dalam keterangan pers yang dilansir NME.

"Ketika saya pertama kali memainkan lagu ini untuknya, itu menjadi awal dari kami melakukan percakapan tentang apa yang dia alami. Dalam membagikan kisahnya, kami berharap untuk memberi tahun orang lain bahwa mereka tidak sendirian dan jika kalian membutuhkan bantuan, tidak perlu malu untuk mengatakannya," jelasnya.

Untuk melengkapi lagu ini, sutradara Josh Asher (yang sempat mengarahkan vido klip untuk Sum 41' di lagu Never There) telah membuat video. Video ini memperlihatkan para penggemar Sum 41 dari seluruh dunia membagikan kisah kehilangan mereka masing-masing. Video yang dibuat dengan format hitam putih ini juga diharapkan bisa memulai diskusi dalam pencegahan bunuh diri.

"Sebagai seseorang yang harus berurusan dengan masalah kesehatan mental sepanjang hidup saya, tidak perlu dipikirkan lagu ketika Deryck mengajak saya untuk menyanyikan lagu ini," ujar nothing, nowhere soal kolaborasi dengan Sum 41.

"Saya pikir penting untuk memberi tahu orang-orang yang dekat dengan Anda bahwa kalian mencintai mereka dan mengatakan bahwa kalian ada untuk mereka tanpa syarat, tanpa mengharapkan apapun. Saya adalah penggemar Sum 41 seumur hidup saya dan sata merasa terhormat bisa menjadi bagian dari sesuatu seperti ini," ujarnya.

Adapun, lagu versi baru Catching Fire menjadi karya paling teraktual dari Sum 41. Band yang kini beranggotakan Deryck Whibley, Dave Baksh, Jason McCaslin, Tom Thacker, dan Frank Zummo itu memang tidak merilis apapun sepanjang tahun 2020 atau sejak saat pandemi COVID-19 melanda.

Karya termutakhir yang dilepas Sum 41 adalah album ketujuh mereka, Order on Decline, di tahun 2019. Sum 41 memang sempat vakum setelah merilis album 13 Voices pada 2016. Kembalinya mereka ditandai dengan perilisan single perdananya berjudul Out Of Blood.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SUM 41 (@sum41)

Menelisik sound single tersebut, terasa bahwa Sum 41 hadir kembali dengan pendekatan yang lebih "keras"--diperkuat dengan kocokan gitar memuat aksen-aksen metal didalamnya. Album ini melanjutkan kisah Sum 41 sebagai sebuah band, di mana sebelumnya mereka telah merampungkan proses tur tiga tahun mereka untuk album 13 Voices.

Menurut siaran pers Sum 41, Deryck (vokal) menyatakan bahwa saat menulis lirik album ini dirinya cenderung terjaring pada tema-tema pembagian kelas sosial, kekacauan sosial, dan juga kebencian.

"Sebenarnya, saya benar-benar tidak ingin menulis lagu-lagu berbau protes terhadap kondisi politik dan sosial, dan percayalah, Order In Decline bukanlah rekaman yang seperti itu," tuturnya menjelaskan album baru mereka.

Album 13 Voices juga menjadi tanda kembalinya Sum 41 ke dunia musik setelah vakum akibat Deryck Whibley terbaring di rumah sakit karena gangguan hati dan ginjal pada 2014. Setelah dirinya sembuh dari kecanduan alkohol yang dideritanya, Deryck kembali bermusik bersama Sum 41.

“Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa bahagianya bisa kembali lagi, jadi biarkan musik yang menggambarkan semua itu. Kami sangat bangga dengan lagu-lagu ini dan kami ingin memastikan fans tau album ini akan segera hadir,” ujar Deryck.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS