Sunn O)))

Sunn O))) Bersiap Lepas Dua Album Baru Sekaligus

  • By: NTP
  • Rabu, 6 February 2019
  • 382 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Duo drone-metal Sunn O))) bersiap merilis dua album di tahun 2019, keduanya diproduseri oleh engineer gaek Steve Albini. Album yang akan dirilis lebih dulu di bulan April adalah Life Metal, sedangkan yang kedua, Pyroclasts akan dilepas di akhir tahun. Keduanya akan diluncurkan melalui Southern Lord, label rekaman cadas milik Greg Anderson yang juga personel Sunn O))).

Kedua album tersebut digarap Stephen O’Malley dan Greg Anderson di medio awal 2018. Tahap pra-produksi mereka selesaikan di 606 milik Dave Grohl di California. Kemudian tahap rekaman mereka lakukan di Electrical Audio milik Albini di Chicago.

Album Life Metal direkam menggunakan semua instrumen dan teknik analog, yaitu medium direct to tape. Menurut siaran pers, metode ini memungkinkan Sunn O))) “memperkuat metode produksi dan proses eksekutif yang lebih logis serta berdasar pada penampilan”.

Metode ini juga merembet hingga ke pilihan estetika kedua album tersebut.

“Sampul album ini adalah lukisan karya seniman visual, Samantha Keely Smith yang secara anggun menampilkan topeng sempurna bagi musiknya. Sampul ini menabrakkan ide-ide seperti aliran romantik di abad ke-19 dan ekspresionis penghujung abad ke-20 dengan pendekatan metal Sunn O))). Fotografer Ronald Dick memotret keduanya di bawah cahaya warna yang merepresentasikan kedalaman tekanan suara materi album ini,” tulis Sunn O))).

Di album Life Metal, kolaborator panggung dan komposer Hildur Guðnadóttir menyumbang vokal, cello elektrik, dan haldorophone di lagu “Novae”. Sementara kontribusi instrumen alumunium neck bass dan gitar baritone dibesut oleh Tim Midyett, dan bebunyian organ pipa di lagu “Troubled Air” digawangi oleh Anthony Pateras.

Di sisi lain, album Pyroclasts yang disebut lebih “meditatif” dihasilkan atas kolaborasi Sunn O))) dengan Guðnadóttir, Midyett dan Tos Nieuwenhuizen, alias T.O.S. Siap-siap kuping lo dihajar gemuruh distorsi gitar berlapis-lapis.

0 COMMENTS

Info Terkait