Sutradara Peter Jackson Garap Ulang Dokumenter ‘Let It Be’

Sutradara Peter Jackson Garap Ulang Dokumenter ‘Let It Be’

  • By: NTP
  • Kamis, 31 January 2019
  • 412 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah sukses dengan dokumenter Perang Dunia I, They Shall Not Grow Old, sutradara Peter Jackson garap proyek arsip keduanya. Kali ini ia akan menyunting rekaman sesi rekaman studio album Let It Be dari The Beatles sepanjang 55 jam.

Arsip tersebut berasal dari rekaman dokumenter Let It Be yang disutradarai Michael Lindsay-Hogg dan dikombinasikan dengan rekaman sesi rekaman lain serta konser di atap Savile Row, London.

Dokumenter ini ditayangkan pada 1970 setelah The Beatles bubar, tapi sebelum Paul McCartney meresmikan pembubaran tersebut melalui jalur hukum. Jackson menggarap dokumenter ini dengan kolaborasi bersama Apple (label rekaman milik Beatles), serta restu dari McCartney, Ringo Starr, Yoko Ono Lennon dan Olivia Harrison.

“Kombinasi rekaman sepanjang 55 jam yang belum pernah ditayangkan dan rekaman audio sepanjang 140 jam memastikan bahwa film ini akan menghadirkan pengalaman fly on the wall paripurna…”

“Rasanya seperti kita telah menaiki mesin waktu ke tahun 1969 dan duduk di tengah studio sambil mengamati keempat sahabat menulis musik bersama-sama,” jelas Jackson.

Sutradara Lord of the Rings ini akan menggunakan teknik restorasi film yang sama dengan They Shall Not Grow Old.

“Setelah menyaksikan semua rekaman dan audio yang direkam Michael Lindsay-Hogg, 18 bulan sebelum mereka bubar, bagi saya ini adalah sebuah harta karun… Saya sangat senang dan merasa terhormat telah dipercaya menangani rekaman yang luar biasa ini. Proses penggarapannya akan jadi saat-saat yang menyenangkan,” imbuh Jackson.

Film ini menampilkan dinamika internal Beatles saat itu, bahkan yang tak terlihat sekalipun, seperti keputusan George Harrison untuk mundur setelah pengambilan gambar sudah dimulai. Kejadian tersebut tidak ditampilkan di film Lindsay-Hogg, ia juga diperintahkan untuk tidak menampilkan rekaman yang tidak disetujui para personel Beatles.

0 COMMENTS