Teenage Death Star Rilis Kembali Album Misterius

Teenage Death Star Rilis Kembali Album Misterius

  • By:
  • Jumat, 22 January 2021
  • 281 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Jika membaca kalimat “Fuck Skill, Let’s Rock” mungkin hanya ada satu nama band yang bisa langsung teringat dan hanya band itu saja yang bisa merepresentasikan kalimat itu secara nyata dan utuh. Mereka adalah Teenage Death Star. Band yang beranggotakan Sir Dandy Harrington alias Acong sebagai vokalis, Firman Zaenudin sebagai penabuh drum, Alvin Yunata dan Helvy Sjarifudin sebagai gitaris, dan Satria Nurbambang alias Iyo sebagai pemain bass ini dikenal memiliki pergerakan yang unik dan aksinya selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmat musik rock independen Tanah Air.

Minimnya jadwal manggung dan karya-karya terbaru tidak membuat Teenage Death Star jadi mempunyai penggemar yang sedikit. Bahkan sisi misterius yang kebetulan melekat pada citra Teenage Death Star tersebutlah yang menambah daya tarik bagi para penggemarnya. Berbicara mengenai misterius, di akhir tahun 2020 lalu, sebuah album yang digadang-gadang sebagai album misterius milik Teenage Death Star akhirnya kembali rilis ke permukaan. 

Kembali rilisnya album misterius milik Teenage Death Star ini berhasil direalisasikan oleh La Munai Records yang kerap kali juga aktif merilis katalog musik lawas dalam industri musik Tanah Air. Album misterius milik Teenage Death Star ini dirilis dengan judul The Early Years 88-91 Backyard Tapes. La Munai Records merilis album misterius milik Teenage Death Star ini ke dalam format kaset pita. Untuk perilisan album misterius Teenage Death Star, dua orang seniman Tanah Air, Agan Harahap dan Ahmad Rizzali dipercaya untuk membuat sampul dari album dalam format kaset ini.

Dijuluki sebagai album misterius, pasalnya album ini sebelumnya sempat dirilis oleh FFWD Records, selaku label rekaman yang menaungi Teenage Death Star yang juga dimiliki oleh Helvy Sjarifudin. Pada tahun 2013, FFWD Records merilis album misterius dari Teenage Death Star ini dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 333 keping saja dan langsung berhasil terjual habis. Padahal, para penggemar Teenage Death Star belum tahu apa yang akan mereka dapatkan dari album misterius tersebut. Kala itu, FFWD Records juga merilis album misterius dari Teenage Death Star ini dalam format kaset pita. 

Melalui info yang sempat dikabarkan FFWD Records, pihak label rekaman ini pertama kali menemukan reel pita dari album misterius milik Teenage Death Star ini di gudang milik Sun Liong. Selanjutnya, dari pita tersebut, FFWD Records mencoba untuk mengedit kembali untuk dapat dirilis ulang sebagai salah satu penemuan sejarah bagi Teenage Death Star.

Menurut catatan dari diskografi Teenage Death Star, mereka tidak menganggap rilisnya album ini sebagai album resmi. Melainkan sebagai sebuah album kompilasi. Materi-materi yang terjadi pada album misterius milik Teenage Death Star ini digarap dan direkam di rentang tahun 1988 hingga 1991. Proses rekaman dari materi pada album misterius milik Teenage Death Star ini juga dilakukan di halaman belakang dari kolega band tersebut dan selanjutnya disempurnakan di Sun Liong Maestro Studio. 

Menurut beberapa pihak, lahirnya album misterius Teenage Death Star bertajuk The Early Years 88-91 Backyard Tapes ini merupakan karya-karya yang dianggap jadi embrio dari kelahiran Teenage Death Star.

Selain merilis kembali karya-karya misteriusnya, rencananya Teenage Death Star juga akan segera menggelar sebuah pameran. Pameran ini nantinya berperan sebagai medium yang menceritakan perjalanan karier Teenage Death Star yang dimulai di akhir tahun 1980-an tersebut. Di pameran tersebut nantinya akan ada memorabilia dalam bentuk seni rupa serta mini dokumenter. Namun, rencana merupakan sebuah hal yang selalu lahir dari Teenage Death Star tanpa ada realisasi dalam waktu dekat.

0 COMMENTS