TEENAGE SUPERSTARS: Rockumentary Scene Musik Glasgow Segera Tayang Perdana

  • By: OGP
  • Kamis, 8 June 2017
  • 1684 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di dekade 80-an silam, industri rock alternatif perlahan mulai bertransformasi menjadi salah satu kekuatan di dalam entitas rock. Di zona Amerika Utara terdapat jagoan-jagoan macam R.E.M, The Replacements hingga Sonic Youth yang memulai ekspansi besar-besaran. Lalu di dataran Inggris Raya diikuti pula oleh kesuksesan masif The Cure dan The Smiths sebagai salah satu pesohor indie. Di seberangnya, tak ketinggalan juga tanah Skotlandia yang dikenal sebagai penghasil deretan band rock alternatif mumpuni.

Sebagai tanda selebrasi mengenang kejayaan kancah Glasgow, sineas Grant McPhee tengah bersiap merilis film dokumenter musik berjudul Teenage Superstars. Dijadwalkan rockumentary itu bakal tayang perdana di Edinburgh International Film Festival yang digelar pada 22 Juni mendatang.

[bacajuga]

Teenage Superstars merupakan kelanjutan dari rockumentary berjudul Big Gold Dream (2015) yang juga digarap oleh McPhee, mengisahkan tentang kebangkitan kancah post-punk/new wave yang sempat marak di seluruh pelosok negeri Skotlandia di era tahun 70-an dan 80-an.

Rockumentary ambisius ini sendiri bertitik fokus pada salah satu kiblat scene indie di dunia, yakni Kota Glasgow. Di awal periode 90-an, jajaran pahlawan lokal seperti The Jesus and Mary Chain, Teenage Fanclub, BMX Bandits, Primal Scream, dan The Pastels mengawali revolusi musik di Skotlandia.

Diwartakan melalui Team Rock, sang sutradara Grant McPhee ikut berkomentar terkait perilisan dokumenter Teenage Superstars yang melibatkan banyak musisi indie lokal Glasgow.

“Film ini bukanlah perihal sejarah musik independen Skotlandia. Ini sama sekali bukan tentang Skotlandia. Ini adalah tentang anak-anak muda yang mengambil kendali penuh dan mengekspresikan dirinya secara kreatif tanpa meminta izin terlebih dahulu dari siapa pun yang berwenang,” ungkapnya serius.

“Ini adalah film yang menunjukkan kepada semua orang tentang apa yang bisa mereka capai ketika mereka melanggar peraturan. Ini adalah bagian dari kepingan teka-teki, yang ketika disatukan dengan semua adegan serupa lainnya di sekitaran Britania Raya menunjukkan sebuah revolusi sejati–pemuda yang kehilangan hak, dari berbagai latar belakang kelas pekerja, berkumpul dan membentuk industri rekaman alternatif yang sama kuatnya dengan kekuatan yang ada pada saat itu. Aku rasa siapa pun yang kreatif di masa kini harus mendengarkan apa yang mereka katakan dan memperhatikannya,” tutup McPhee.

Tonton teaser trailer Teenage Superstars di bawah ini:

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
224 views
supershow
619 views
superbuzz
548 views
superbuzz
357 views
supertapes
676 views

Supertapes: Gizpel

superbuzz
1660 views