pop punk

Tengok Kegiatan Dua Jagoan Pop Punk, Rocket Rockers dan Dochi Sadega, Selama Swakarantina

  • By: NND
  • Kamis, 30 April 2020
  • 10720 Views
  • 2 Likes
  • 6 Shares

Masa swakarantina karena pandemi melahirkan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa dijalani melalui internet. Dua bulan terakhir ini, banyak dari kita yang turun ke jagad maya dan berinteraksi secara virtual agar tetap terhubung, juga sebagai kegiatan utama di keseharian kita. Para musisi pun begitu, larangan menggelar acara membuat medan daring sebagai satu-satunya sarana untuk berkarya dan terhubung dengan para pendengarnya.

Hal serupa juga nampak jika kita mengintip ke halaman musik pop punk lokal. Dua sosok kenamaan darinya, yakni Dochi Sadega (Pee Wee Gaskins) dan Rocket Rockers memang sudah bukan “anak kemarin sore” lagi; dan mereka pun mengisi kesehariannya di jagad maya--di kanal YouTube, lebih tepatnya.

Ya, kedua jagoan pop-punk lokal ini memanfaatkan kanal YouTube untuk menyiasati swakarantina yang mengharuskan kita berdiam diri di rumah masing-masing. Konten spesial yang berjalan sepanjang masa swakrantina ini menjadi cara mereka untuk tetap dapat berinteraksi dan menghibur para fansnya. Penasaran mereka ngapain aja? Langsung cek lengkapnya di bawah ini:

***

Pada tanggal 25 April 2020 kemarin, channel YouTube vokalis Pee Wee Gaskins (PWG), Dochi Sadega, mengunggah sebuah video cover yang menampilkan dirinya bersenjatakan gitar akustik seorang diri. “Nyoba cover lagu band pop punk kesukaan gue setelah Rocket Rockers,” tulisnya di deskripsi dari video yang menampilkan Icod--akrabnya disapa--memainkan lagu “Just Friends.” Tidak lain dan tidak bukan, “band pop-punk” itu adalah band-nya sendiri, PWG. Semenjak menggungah video itu, Dochi pun melanjutkannya dengan dua lagu cover lainnya; seperti “Everyday And Everynight,” dan “Here Up on the Attic.”

Tidak hanya sebatas meng-cover lagunya, dalam video kedua “Here Up on the Attic,” Dochi juga menyempatkan diri untuk bercerita sejenak terkait sejarah dari terbentuknya lagu itu. “Lagunya cerita tentang gimana lo baru aja ngejalin hubungan baru,” ungkapnya. “Ya masih hot-hot-nya lah pacaran baru, terus kangen-kangenan setiap hari.” “Here Up on the Attic” selaku lagu yang ia cover di video ketiganya, dibuka dengan Dochi yang membocorkan tuning akustik dari lagu tersebut. Ia menyatakan bahwa lagu lama yang dibuat sebelum PWG ini memang ditulis sebagai lagu akustik, maka tuning gitarnya pun demikian. Ia juga sempat memperlihatkan jurnal asli tempat ia menuliskan lagu itu di tahun 2007 silam.

Video serial ini menampilkan yang Dochi turun ke YouTube untuk mengunggah cover-cover lagu PWG secara akustik, cocok buat kalian yang ingin bernostalgia masa-masa remaja kalian selama berdiam diri di rumah masing-masing, Pastikan untuk menyimak kelanjutannya dan juga request lagu apa yang ingin dibawakan ulang, ya. Siapa tahu, lagu yang kalian pilih bisa langsung dimaikan di episode mendatang?

Selain Dochi, adapula aksi Rocket Rockers yang sudah 20 tahun lebih memainkan musik pop-punk dari kota Kembang, yang juga turun ke YouTube.  Kemarin sudah sempat diberitakan, bahwa trio yang awal terbentuk di tahun 1998 ini akan mengunggah enam video sebagai selaku serial yang dijudulkan “Maha Benar” setiap hari Minggu dari tanggal 22 Maret kemarin. Tidak sendirian, penggarapan video serial yang awalnya sebagai campaign dari single baru “Maha Benar” itu merupakan kolaborasi dengan grup Stand Here Alone, yang  mana kedua grup tersebut mengupas keseharian biasa dengan gaya humor yang ringan dan jenaka.

Tidak hanya Terbaru dari YouTube Rocket Rockers adalah video ketiga personilnya yang mendaur ulang track bertajuk “April” milik solois kenamaan Fiersa Besari. “April” versi Rocket Rockers disajikan lebih ngebut, dengan ketukan drum dan kocokan gitar ala pop-punk yang sudah menjadi karakter kuat dalam musik mereka. Bahkan, Fiersa Besari pun angkat bicara di kolom komentar video mereka itu. “Band idola saya sedari zaman kuliah dulu membawakan lagu saya. Serasa mimpi. Terima kasih, Rocket Rockers!” tulisnya mengapresiasi cover version tersebut; yang mana dibalas oleh trio itu, “Semoga terus menginspirasi. Stay healthy, stay safe & stay strong!

Ini bukan pertama kalinya Rocket Rockers meng-cover lagu musisi lain. Sebelumnya, mereka juga sempat membawakan ulang lagu “Pilihanku” milik Maliq & d’Essentials dengan tritmen punk-pop yang sama. Berkarya lebih dari 20 tahun tentu bukan hal yang mudah, dan mungkin saja ini menjadi salah satu cara mereka menyikapi kejenuhan.  

0 COMMENTS