Tentang Album Tak Terduga The Black Keys, Delta Kream

Tentang Album Tak Terduga The Black Keys, Delta Kream

  • By:
  • Sabtu, 12 June 2021
  • 77 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebuah karya mengejutkan hadir dari duo rock asal Ohio Amerika Serikat, The Black Keys. Band yang digawangi oleh Dan Auerbach dan Patrick Carney itu merilis album studio baru yang tercatat sebagai album ke-10 mereka selama berkarier sejak 2001.

Album ini resmi dirilis The Black Keys pada 14 Mei 2021, atau berjarak satu bulan saja saat mereka mengumumkannya ke publik. Album ini tak berisi tembang-tembang orisinil The Black Keys, melainkan berisikan 11 lagu cover blues country yang diberi tajuk Delta Kream.

Pengumuman album ini sendiri diberikan melalui klub penggemar mereka, Lonely Boys and Girls. Di saat itu pula mereka menayangkan lagu pembuka dari album tersebut yaitu sebuah cover lagu dari "Crawling Kingsnake" versi John Lee Hooker.

Setelah lagu itu, The Black Keys membagikan nomor selanjutnya dari album ini yaitu lagu cover berjudul Going Down South dari Robert Lee Burnside. "Ini adalah salah satu hits dari R.L. Burnside!. Kami menyimpang sedikit dari versi aslinya pada versi kami dengan falsetto dan perkusi, tapi kami menyukai bunyinya pada saat itu. Itu menjadi salah satu favorit saya di album ini," ujar Auerbach dilansir NME.

Lagu ini dilengkapi dengan video yang disutradarai oleh Ryan Nadzam, difilmkan di Blue Front Café Jimmy Duck Holmes, yang merupakan kedai juke aktif tertua di Amerika. Ia juga menampilkan landmark terkenal blues Mississippi utara lainnya termasuk Blues Alley di Holly Springs.

Baca juga: The Black Keys Siap Rilis Ulang Album “Brothers” dalam Format Deluxe

Secara umum, album Delta Kream merupakan penghormatan dari The Black Keys pada musisi blues di Mississippi yang menginspirasi mereka, termasuk Hooker, R. L. Burnside, Junior Kimbrough, Ranie Burnette, dan Big Joe Williams.

"Kami membuat album ini untuk menghormati tradisi blues di bukit Mississippi yang memengaruhi kami ketika memulai karier bermusik. Lagu-lagu ini masih penting bagi kami hari ini karena itu adalah hari pertama saya dan Pat mulai bermain bersama dan mengambil instrumen kami," jelas Auerbach.

Tak lama setelah album ini dilepas, The Black Keys langsung membawakan dua nomor di acara TV, The Late Show With Stephen Colbert. Untuk penampilan ini, The Black Keys melakukan rekaman di Blue Front Café di Mississippi, sebuah tempat ikonik dalam sejarah musik blues negara bagian tenggara, Auerbach, Carney dan band pendukung mereka memainkan versi mereka dari lagu 'Crawling Kingsnake' Junior Kimbrough (aslinya oleh John Lee Hooker) dan 'Going Down South' dari RL Burnside.

Dalam wawancara eksklusifnya dengan NME, Auerbach mengisahkan latar belakang pembuatan album Delta Kream ini. Ia menyebutkan bahwa album ini sebetulnya tidak dimaksudkan sebagai album sama sekali. Ketika itu di akhir tahun 2019, The Black Keys sedang libur usai menjalani tur.

Di tengah kekosongan waktu itu, Auerbach yang juga berprofesi sebagai produser musik sedang bekerja di studio musik dengan penyanyi blues, Robert Finley. Untuk mendukung Finley, dia memanggil musisi Mississippi Kenny Brown dan Eric Deaton, pasangan yang sebelumnya bermain dengan musisi blues hebat R. L. Burnside dan Junior Kimbrough, dan juga rekan bandnya, Pat Carney.

Selama 10 jam keempat musisi mulai mengcover lagu-lagu Burnside, Kimbrough dan pionir lain dari suara blues country yang memberi pengaruh musik pada The Black Keys saat terbantuk. "Kami memainkan semua lagu ini dari ingatan. Kami hanya merekam lagu ini untuk bersenang-senang. Kami bahkan tidak pernah menganggapnya sebagai album,” ujar Auerbach.

Rekaman yang awalnya sama sekali tidak dimaksudkan menjadi album itu pada akhirnya berubah menjadi hal yang lebih serius ketika pandemi COVID-19 melanda sejak Maret tahun lalu. Industri musik yang terkena dampak membuat banyak musisi kesulitan berkaya dan menghambat produktivitas, membuat The Black Keys akhirnya menggarap materi lagu cover itu menjadi album.

Sebuah penghormatan kepada para artis yang membuat Black Keys menjadi diri mereka sendiri semuanya baik dan bagus, tetapi penggemar fanatik mungkin bertanya-tanya apakah dan kapan band ini akan mengeluarkan beberapa materi baru daripada album cover?

"Tidak, kami belum merencanakan apa pun. Mungkin begitulah cara kami membuat rekaman berikutnya, kadang-kadang tidak terduga, seperti yang kami lakukan dengan album yang sekarang ini," tutup Auerbach.

Adapun, album dengan materi baru dari The Black Keys hadir pada 2019 lalu yaitu album kesembilan bertajuk Let's Rock. Lagu pertama dari album ini, Lo/Hi, menjadi lagu pertama dari The Black Keys yang mampu memuncaki tangga lagu Billboard Mainstream Rock.

Tracklist album Delta Kream dari The Black Keys:

  1. “Crawling Kingsnake” (John Lee Hooker Cover)
  2. “Louise” (Mississippi Fred McDowell Cover)
  3. “Poor Boy A Long Way From Home” (R. L. Burnside Cover)
  4. “Stay All Night” (Junior Kimbrough Cover)
  5. “Going Down South” (R. L. Burnside Cover)
  6. “Coal Black Mattie” (Ranie Burnette Cover)
  7. “Do the Romp” (Junior Kimbrough Cover)
  8. “Sad Days, Lonely Nights” (Junior Kimbrough Cover)
  9. “Walk with Me” (Junior Kimbrough Cover)
  10. “Mellow Peaches” (Big Joe Williams Cover)
  11. “Come On And Go With Me” (Junior Kimbrough Cover).

 

Image source: Instagram/The Black Keys

0 COMMENTS