Terjebak Pandemi, Unkle Putuskan Merilis Album Mixtape

Terjebak Pandemi, Unkle Putuskan Merilis Album Mixtape

  • By:
  • Rabu, 3 March 2021
  • 257 Views
  • 1 Likes
  • 4 Shares

Inggris merupakan salah satu negara penghasil kelompok musik elektronik berkualitas. Perkembangan musik elektronik di Inggris juga hadir dari pergerakan budaya di akhir tahun 1980-an hingga 1990-an yang menjadikan klub sebagai pusat berkumpul kehidupan anak muda. Melihat perkembangan musik elektronik yang pesat, di tahun 1992 James Lavelle pun akhirnya memutuskan untuk mendirikan Unkle.

Di tahun 2021, masih aktif bermusik dan baru-baru mengabarkan akan merilis sebuah album mixtape terbarunya berjudul Rōnin I. Album mixtape yang baru saja dirilis oleh Unkle ini merupakan rilisan pertama yang rencananya akan hadir dalam beberapa rangkaian. Namun hingga saat ini masih belum ada jadwal pasti tentang rilisnya album mixtape tersebut. Rencananya, dalam dua buah mixtape yang rilis di tahun ini Unkle tidak hanya akan menghadirkan karya-karya terbarunya saja. Unkle pun telah mempersiapkan versi lain dari lagu-lagu yang telah mereka rilis sebelumnya di dalam album The Road. Unkle memutuskan untuk fokus merekam album mixtape akibat kebijakan pemerintah Inggris yang melarang keras adanya pertunjukan musik secara live akibat dampak pandemi virus Corona di tahun 2020.

James Lavelle, pendiri sekaligus frontman untuk Unkle mengakui bahwa konsep mixtape Rōnin ini hadir di saat protokol lockdown di Inggris mulai dicanangkan. Kala itu, produser tetap di dalam tubuh Unkle, Steven Weston dan James Lavelle mulai sibuk meramu remix yang mereka persiapkan sebagai amunisi penampilan musik live mereka. Namun, lambat laun, harapan panggung live bagi Unkle lama kelamaan harus mengalami penyesuaian akibat pandemi yang terus berjalan lama. Akhirnya, James Lavelle dan Steven Weston pun sepakat untuk menjadikan proyek musik remix tersebut ke dalam sebuah konsep album mixtape yang juga dilengkapi dengan karya baru dari Unkle. 

James Lavelle mengungkapkan bahwa lagu album mixtape Rōnin I bisa diibaratkan oleh para penikmat musiknya sebagai malam penuh keceriaan. James Lavelle sendiri menginginkan lagu-lagu yang dirinya rekam untuk Rōnin I akan menghadirkan sebuah harapan bagi Unkle agar bisa segera bermain musik secara live, entah itu di klub musik atau ke sebuah festival musik yang meriah. Dalam mengabarkan tentang hadirnya Rōnin I, Unkle juga mengambil kesempatan untuk merilis single yang ada dalam album mixtape tersebut. Unkle merilis single Do Yourself Some Good yang dipilih sebagai lagu penyambutan untuk rilisnya mixtape Rōnin I di bulan Maret mendatang. 

Meskipun masih belum ada kabar pasti kapan bagian kedua dari album mixtape Rōnin akan dirilis, Unkle telah menginformasikan jika mereka akan menghadirkan Miink sebagai kolaborator dalam album tersebut. Hadirnya Miink sebetulnya bukan hal yang baru lagi bagi Unkle. Pasalnya, Miink telah menjadi kolaborator tetap untuk beberapa lagu yang digarap oleh Unkle sejak 5 tahun ke belakang. 

Merilis album remix atau mixtape bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh Unkle semasa perjalanan kariernya. Kelompok musik elektronik asal Inggris ini pun pernah merilis album remix berjudul Men from U.N.K.L.E di tahun 1992. Album remix tersebut merupakan rilisan resmi perdana dalam diskografi Unkle. Kala itu, Unkle melakukan remix untuk karya-karya milik United Future Organization, sebuah kelompok musik nu-jazz dari Jepang,

Setelah aktif tampil di berbagai panggung, James Lavelle pun punya ide lain untuk menghadirkan warna berbeda pada musik Unkle. Di tahun 1998, James Lavelle mengajak DJ Shadow untuk bergabung bersama di dalam Unkle. Kolaborasi tersebut pun akhirnya diabadikan ke dalam album penuh perdana milik Unkle yang berjudul Psyence Fiction. Album perdana milik Unkle ini juga diketahui menghadirkan beberapa nama besar sebagai kolaborator, di antaranya adalah Thom Yorke (Radiohead), Mark Hollis (Talk Talk), Mike D (Beastie Boys), Kool G Rap, Jason Newsted (Metallica), Badly Drawn Boy, dan Richard Ashcroft (The Verve). Di bagian proses mixing, Unkle mempercayakan Jim Abbiss untuk memaksimalkan potensi musik album penuh perdananya ini.

Kerja sama antara James Lavelle dan DJ Shadow di dalam tubuh Unkle pun tidak berlangsung lama. Setelah album perdananya rilis, DJ Shadow memutuskan untuk keluar dari Unkle. Posisi yang ditinggalkannya tersebut akhirnya diisi oleh Scratch Perverts, yang merupakan sebuah kolektif DJ di Inggris. Selepas hengkangnya DJ Shadow, Unkle juga sempat merilis sebuah single baru bersama Ian Brown dari The Stone Roses. 

Di tahun 2003, Unkle kembali merilis album. Album kedua milik Unkle ini hadir dengan judul Never, Never, Land. Kali ini, James Lavelle dibantu oleh Rich File sebagai produser dalam menggarap album kedua dari Unkle tersebut. Di album kedua tersebut, Unkle pun kembali berkolaborasi bersama Ian Brown. Tidak hanya itu, Unkle juga kembali menghadirkan nama-nama besar, seperti Josh Homme (Queens of the Stone Age), Robert Del Naja (Massive Attack), dan Mani (The Stone Roses, Primal Scream).

Bersama Rich File, Unkle pun juga aktif dalam merilis album remix. Total sejak tahun 2004 hingga 2006 merilis dua buah album remix serta mengerjakan proyek soundtrack film. Selanjutnya di tahun 2007, Unkle merilis album ketiga berjudul War Stories. Di album ini, Unkle pun mendapatkan penambahan personel, yaitu Pablo Clements dari grup musik The Psychonauts. Satu tahun setelahnya, Unkle merilis sebuah album b-side dari album ketiganya berjudul More Stories yang menghadirkan komposisi musik yang pernah mereka kerjakan untuk film berjudul Odyssey In Rome.

Image courtesy of hurricanehank / Shutterstock

0 COMMENTS