Dylan-Cash

Terungkap Kolaborasi Bob Dylan dan Johnny Cash yang Belum Pernah Rilis

  • By: NTP
  • Jumat, 25 October 2019
  • 373 Views
  • 6 Likes
  • 2 Shares

Album terbaru di Bootleg Series Bob Dylan, Vol.15 akhirnya akan mengungkap salah satu materi hasil kolaborasi dua musisi paling ikonik di Amerika Serikat.

Pada 1 November mendatang, seri album ini akan memuat materi dari satu-satunya sesi rekaman Dylan dan Johnny Cash pada Februari 1969. Baru-baru ini, single perdana Vol.15, “Wanted Man” telah dirilis.

Single tersebut awalnya dikenal sebagai nomor pembuka di salah satu album live seminal Cash, At San Quentin (1969) dan baru direkam di studio beberapa tahun setelah lagu tersebut meledak.

Awalnya, lagu tersebut adalah karya Dylan yang diberikan pada Cash seminggu sebelum ia tampil di penjara San Quentin. Di “Wanted Man” versi demo tersebut, kolaborasi mereka terekam secara mentah bersama gitaris rockabilly Carl Perkins.

Tanpa persiapan berarti, nomor pembuka ikonik tersebut hanya dipelajari oleh Cash selama satu minggu. Dalam rentang waktu tersebut, Cash ternyata tengah disibukkan di studio Nashville bersama Dylan dan Perkins.

Uniknya, semangat improvisasi tersebut juga terekam di demo “Wanted Man”. Suara istri Cash, June Carter dapat terdengar di rekaman tersebut, bahkan meminta suaminya untuk meminta kejelasan nada pada Dylan.

Honey, saya tidak mau menganggu proses berpikirmu, tapi apakah kamu yakin bahwa Bob sudah memasukkan melodinya ke lagu ‘Wanted Man’ itu? Sepertinya kamu lupa melodinya,” ujar June Carter.

Dylan bersama Cash, Travelin’ Thru, 1967–1969: The Bootleg Series Vol. 15 sebelumnya juga diklaim memuat versi awal lagu “I Pity the Poor Immigrants”.

Seri bootleg tersebut dikabarkan akan memuat 20 lagu dari sesi rekaman Dylan/Cash, sekaligus sisa rekaman Dylan di sesi rekaman album John Wesley Harding and Nashville Skyline dan rekaman penampilannya di The Johnny Cash Show tahun 1969.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
101 views
superbuzz
110 views
superbuzz
303 views
supericon
281 views