Tetap Eksis! Inilah 7 Lagu Coldplay Yang Tidak Lekang Oleh Zaman

7 Lagu Coldplay yang Tak Lekang Oleh Zaman

  • By:
  • Minggu, 17 January 2021
  • 970 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejak pertama kali muncul memperkenalkan album Parachutes di tahun 2000, 20 tahun kemudian aksi panggung dan lagu Coldplay masih terus dinikmati oleh berbagai kalangan, bahkan lintas generasi sekalipun. Gaya musik yang terus berkembang mengikuti zaman, membuat lagu Coldplay beserta karya-karya lainnya mudah untuk diterima oleh siapapun. Musik-musik yang dibawakan Coldplay juga memiliki cerita atau tema yang beragam, mulai dari cinta, kehidupan, bahkan perihal imajinasi yang semuanya bisa ditangkap melalui pilihan kata sederhana yang membuat orang mudah memahami lagu-lagu mereka.

Sejarah singkat mengenai Coldplay, hingga saat ini, band asal Inggris tersebut belum sempat mengalami fase pergantian personel. Coldplay berasal dari buah pikiran Chris Martin dan Jonny Buckland. Keduanya bertemu saat masa orientasi di universitas. Kedua pendiri Coldplay tersebut kerap kali menghabiskan waktu bersama bermain musik. Lambat laun, anggota Coldplay pun mulai bertambah dengan kehadiran Guy Berryman, Phil Harvey, dan Will Champion.

Awetnya hubungan antar anggota di dalam tubuh Coldplay juga selaras dengan karya-karyanya yang tidak lekang oleh waktu. Hingga saat ini, Coldplay sudah berhasil menelurkan 8 buah album. Setiap lagu Coldplay yang dirilis berhasil mewakili tahun atau masa perilisannya sehingga membuat lagu mereka everlasting dan tetap populer hingga saat ini. Berikut adalah segelintir lagu Coldplay yang masih populer untuk didengarkan hingga saat ini.

  1. Fix You

    Lagu berjudul Fix You ini merupakan salah satu lagu populer dari sekian banyaknya repertoar lagu Coldplay di dalam diskografinya. Dirilis pada tahun 2005, lagu Coldplay satu ini merupakan satu nomor andalan dari album X&Y. Pasalnya, album ketiga dari Coldplay tersebut dianggap jadi sebuah jembatan eksplorasi yang ditemukan pada lagu Coldplay di kemudian hari. Lagu Fix You merupakan salah satu katalisnya. Salah satu lagu Coldplay yang populer ini cukup terdengar kolosal berkat pergerakan emosi lagunya yang meningkat secara perlahan.

  2. The Scientist

    Lagu Coldplay yang berjudul The Scientist juga tidak kalah populer dengan karya lainnya. Salah satu faktornya adalah video klipnya yang menggunakan konsep rewind atau backwards. Komposisi dari lagu Coldplay yang satu ini juga cukup terbilang simple dan mudah untuk diingat ataupun dimainkan oleh para penikmat karya dari band asal Inggris ini. Chris Martin mengatakan bahwa lagu Coldplay yang diambil dari album kedua mereka, A Rush of Blood to the Head ini menceritakan tentang rasa cintanya terhadap seorang perempuan dan tentang bagaimana aspek sekelilingnya berubah ke arah orang yang dicintainya.

  3. Yellow

    Yellow merupakan salah satu lagu Coldplay yang berhasil membawa mereka mendapatkan pengakuan oleh berbagai pihak di industri musik dunia, mulai dari para penikmat musik, media, hingga kritikus musik. Untuk temanya sendiri, lagu Coldplay yang satu ini cukup terkesan straightforward. Yellow adalah sebuah lagu cinta tanpa syarat yang menceritakan tentang keinginan seseorang untuk melakukan apapun untuk pasangannya. Lagu Coldplay ini diambil dari album debutnya berjudul Parachutes di tahun 2000. Video klip dari lagu Coldplay satu ini juga dikonsep secara sederhana dengan menampilkan Chris Martin yang sedang berjalan menyusuri pantai sedari subuh hingga matahari terbit.

  4. Viva La Vida

    Viva La Vida merupakan sebuah lagu Coldplay yang menawarkan perbedaan karakter musik yang signifikan dari karya-karya sebelumnya. Bisa dibilang lagu Coldplay satu ini merupakan sebuah eksperimen yang menghasilkan emas untuk band asal Inggris tersebut. Pasalnya, lagu Viva La Vida menjadi sebuah pembuktian bahwa Coldplay mampu membuat musik mereka untuk bisa mengikuti zaman dan terbukti hingga hari ini, nama Coldplay masih tetap eksis di industri musik dunia. Lagu Coldplay satu ini merupakan sebuah single yang diambil dari album keempat mereka berjudul Viva La Vida or Death and All His Friends pada tahun 2008.

  5. Clocks

    Klasik. Itulah satu kata yang bisa menggambarkan salah satu lagu Coldplay yang cukup populer baik bagi para penggemarnya atau penikmat musik secara umum. Clocks merupakan satu lagu Coldplay yang merupakan sebuah bagian dari album kedua mereka, A Rush of Blood to the Head. Lagu Coldplay satu ini menceritakan tentang watu yang terus berjalan sebagai sebuah elemen kehidupan, baik disukai atau tidak setiap event-nya. Melalui lagu Coldplay yang dirilis pada tahun 2003 ini juga berhasil mendapatkan penghargaan pada gelaran Grammy Awards tahun 2004 untuk kategori Records of the Year.

  6. Up & Up

    Diambil dari album A Head Full of Dreams di tahun 2015, Up & Up jadi bukti lainnya jika Coldplay mampu menggarap karya yang mengikuti zaman. Masuk ke era 2010-an, perkembangan musik memang terdengar begitu pesat dan lagu Coldplay satu ini mampu menjaga eksistensi band asal Inggris tersebut. Bahkan kehadiran lagu Coldplay satu ini di industri musik modern berhasil mengulangi kesuksesan lagu Fix You yang sebelumnya jadi sebuah lagu anthem bagi para penggemarnya. Untuk lagu Up & Up, Coldplay juga menampilkan sebuah kolaborasi bersama musisi veteran Inggris lainnya, Noel Gallagher.

  7. In My Place

    Sebagai sebuah single pertama untuk album kedua Coldplay, A Rush of Blood to the Head, lagu ini berhasil menarik perhatian banyak pihak di kancah permusikan dunia. Lagu Coldplay satu ini bahkan berhasil mendapatkan penghargaan dari gelaran Grammy Awards.untuk kategori Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal di tahun 2003. Maka tidak aneh rasanya jika lagu ini tetap berhasil menjadi salah satu lagu Coldplay yang cukup populer hingga saat ini.

0 COMMENTS