The Brandals Buktikan Semangat yang “Belum Padam”

The Brandals Buktikan Semangat yang “Belum Padam”

  • By:
  • Minggu, 11 April 2021
  • 91 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Setelah kembali dengan single berjudul The Truth Is Coming Out yang ditulis dalam bahasa Inggris kurang lebih 5 bulan lalu, tampaknya kali ini The Brandals benar-benar memiliki motivasi untuk terus mengenalkan karya-karya terbaru mereka. Api semangat di dalam tubuh The Brandals memang belum padam, meskipun jika ditilik dari pergerakan mereka beberapa tahun ke belakang kehadirannya di industri musik Tanah Air seakan terbang dan tenggelam. Namun, kelihatannya dengan single berjudul Belum Padam yang dirilis pada pertengahan Maret lalu, The Brandals yakin untuk kembali menjadi distorsi di kancah musik nasional, bahkan dunia. Rilisnya single Belum Padam ini juga menjadi penanda bagi The Brandals yang kini dioperasikan dengan 4 orang, yaitu Eka Annash (vokal), PM Mulyadi (gitar), Raditya Syaharzam (bass), dan Firman Zaenudin (drum) setelah ditinggalkan oleh Tony Dwisetiaji pada penghujung tahun 2020 lalu..

Keyakinan tersebut bisa langsung terdengar sesaat kalian memutar single Belum Padam yang kini sudah tersedia di berbagai platform musik digital, Superfriends. Karakteristik komposisi musik yang terdengar simple dengan tambahan melodi yang konstan dan mengisi merupakan sebuah khas yang masih tetap dipertahankan oleh The Brandals dalam single Belum Padam ini. Selain itu, Eka Annash selaku vokalis dan frontman di dalam The Brandals juga terlihat memiliki sikap yang lugas melalui pemilihan diksi dalam liriknya. Lirik yang ditulis oleh Eka Annash kerap kali memiliki kesan puitis namun selalu berhasil dikemas secara ringkas, sehingga para penikmat musik The Brandals memahami isi cerita yang coba disampaikan.

Sesuai dengan judul single-nya, Belum Padam, The Brandals mencoba untuk kembali menunjukkan semangat mereka bermusik. Lirik yang terdengar garang ini mencoba untuk menceritakan tentang apa yang terjadi pada The Brandals dalam beberapa tahun ke belakang kepada para penggemar dan penikmat musiknya. Namun, The Brandals juga menunjukkan bahwa ada api semangat yang belum padam melalui lirik tersebut. 

Dalam sebuah Wawancara, Eka Annash mewakili The Brandals menjelaskan makna hadirnya lagu Belum Padam ini. Menurutnya, lagu ini ditujukan kepada seluruh pihak yang mulai mempertanyakan dan maupun meragukan komitmen The Brandals dalam bermusik. Apalagi di antaranya pun sempat beredar rumor bahwa The Brandals dianggap sudah tidak mampu lagi untuk menjadi salah satu sosok yang mewakili generasi di masa ini dan membandingkan apa yang telah The Brandals capai di masa lampau.

Berbagi konsep dengan single sebelumnya, The Truth Is Coming Out, rencananya Belum Padam juga merupakan bagian dari rencana album kelima The Brandals yang akan rilis di waktu mendatang. Album kelima tersebut bisa dibilang spesial, karena menjadi penanda berakhirnya puasa album The Brandals setelah hampir satu dekade berjalan. Eka Annash juga menyatakan bahwa proses penggarapan albumnya telah mencapai 90 persen untuk aspek rekamannya. Dalam wawancara tersebut, Eka Annash juga menyatakan bahwa telah ada 10 lagu yang siap menjadi rangkaian untuk album kelima The Brandals nanti.

Untuk album kelimanya, The Brandals mencoba untuk menggabungkan identitas musik garage rock yang khas dengan elemen-elemen musik soul dan funk yang tetap dibalut dengan identitas musik rock. Menurut Eka Annash, album ini nantinya akan jadi representasi jalan panjang yang dilalui The Brandals selama berkarier. Selain itu, The Brandals juga mencoba untuk menghadirkan instrumen-instrumen lain yang sebelumnya tidak pernah hadir dalam proses penggarapan karya The Brandals dengan tujuan menghadirkan sesuatu yang berbeda dan berisi di lagu-lagu pada album kelimanya nanti.

Image courtesy of Ade Branuza / The Brandals

0 COMMENTS