The Brandals Kembali dengan ‘Retorika’!

  • By: GP
  • Sabtu, 22 December 2018
  • 540 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Band rock n’ roll papan atas Indonesia, The Brandals, akhirnya kembali dengan lagu baru. Setelah absen karya baru selama hampir tujuh tahun, The Brandals baru saja merilis single “Retorika”, bertepatan dengan hari ulang tahun band ke-17 pada 22 Desember.

Lewat siaran pers, The Brandals mengungkapkan bahwa single “Retorika” digarap sendiri secara independen—finansial dan teknis. Proses mixing dikerjakan oleh Atas Musik milik Jonathan Mono (Neurotic) dan Petra Sihombing, sedangan mastering oleh Moko Aguswan (Shoemaker Studio).

Band yang berdiri sejak 2001 ini juga menuturkan bahwa single terbarunya bernarasi tentang kisruh polemik kondisi sosial-politik Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

“Argumen yang diumbar terdengar seperti teori retorika yang diulang tanpa nalar dan akal sehat,” tulis The Brandals di siaran pers.

Untuk video klip digarap oleh seniman visual Agan Harahap, yang terkenal ahli memanipulasi foto. Ternyata ini juga kali pertama Agan membesut video musik.

“Imaji yang disajikan adalah murni interpretasi Agan terhadap konten lirik lagu tanpa ada instruksi spesifik atau intervensi dari band. Dengan dibantu oleh Thobie Buntaran sebagai kameramen, menjadikan video musik ini sebuah kolaborasi yang saling melengkapi,” tulis pihak band.

Single ini jadi lagu pertama mereka tanpa mendiang Rully Annash yang meninggal dunia pada 2015. Kursi drummer kini diduduki oleh Firman Zainudin (Teenage Death Star, Petaka).

“Retorika” sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik. Selamat datang kembali, The Brandals!     

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
986 views
superbuzz
1129 views
supernoize
3695 views
supernoize
12269 views
supernoize
10143 views