The Panturas Lanjutkan Paduan Dua Budaya untuk Lagu Barunya

The Panturas Lanjutkan Paduan Dua Budaya untuk Lagu Barunya

  • By:
  • Rabu, 31 March 2021
  • 207 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Berbicara tentang The Panturas, band asal Jatinangor tersebut memang kerap kali jadi sorotan setiap kali muncul dengan karya-karya baru. Permainan serta komposisi musik yang sering terdengar fresh jadi salah satu alasan mengapa The Panturas jadi salah satu band lokal muda yang kerap kali ditunggu aksinya, baik di atas maupun di luar panggung. Sesuatu yang fresh kembali lagi dihadirkan oleh The Panturas melalui single terbarunya di tahun 2021 ini. 

The Panturas memang sudah pernah meramu komposisi musik dengan nuansa etnis dan tradisional sebelumnya. Ramuan komposisi tersebut hadir terdengar pada lagu Balada Semburan Naga yang dirilis pada November 2020 lalu. Kali ini, The Panturas kembali menggunakan formula yang sama dengan memberikan sedikit penyesuaian untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk single barunya, berjudul Tafsir Mistik. Dalam pengolahan musik untuk single terbarunya, The Panturas memadukan elemen musik bernuansa melayu dan gipsi. Single baru karya The Panturas tersebut resmi dirilis pada awal bulan Maret 2021 secara digital. Kabar mengenai single Tafsir Mistik disebar luaskan melalui Instagram resmi The Panturas yang mengumumkan bahwa Tafsir Mistik sudah tersedia dalam format audio maupun video lirik yang bisa dinikmati oleh siapa saja. 

Tidak hanya tema musik yang terkesan unik, The Panturas juga menawarkan aspek-aspek menarik dalam komposisi lagu Tafsir Mistik. Jika dibandingkan dengan karya-karya The Panturas sebelumnya, lagu terbaru karya The Panturas ini terdengar memiliki tempo yang lebih lambat. Karakteristik tempo yang disajikan pada lagu Tafsir Mistik ini terdengar selaras untuk menghadirkan representasi elemen melayu pada lagunya. Selain itu, dalam proses produksinya, The Panturas juga melibatkan Lafa Pratomo sebagai produser. Selain menangani lagu baru dari The Panturas, Lafa Pratomo juga dikenal sebagai kolaborator atau produser yang kerap terlibat dalam proses produksi lagu dari Danilla, Mondo Gascaro, Polka Wars, Sal Priadi, hingga Nadin Amizah.

Selanjutnya, pada 12 Maret yang lalu, The Panturas juga resmi merilis video klip untuk lagu Tafsir Mistik. Dalam video klip tersebut, The Panturas juga mengundang Sir Dandy Harrington dan Sha Ine Febriyanti sebagai pemeran utama. Visual layaknya film horror klasik ditampilkan dalam video klip tersebut. Sesuai dengan judulnya, The Panturas juga menghadirkan kesan klenik dan mistis pada video klip Tafsir Mistik.

Single Tafsir Mistik yang dirilis oleh The Panturas ini masih merupakan proyek musik lanjutan dari rilisan sebelumnya, yaitu Balada Semburan Naga. Keselarasan formula dengan paduan musik etnis tersebut merupakan benang merah yang dijahit oleh The Panturas dalam mempersiapkan album kedua mereka yang rencananya akan hadir di pertengahan tahun 2021 mendatang. Konsep album terbaru dari The Panturas nanti diibaratkan sebuah kapal pesiar yang sedang berlayar mengelilingi lautan luas. Di dalam kapal pesiar tersebut para penumpangnya datang dari berbagai macam daerah, etnis, serta latar belakang. Oleh karena itu, The Panturas akan menyajikan karakteristik musik yang terinspirasi dari berbagai macam budaya, seperti Cina, Jepang, Arab, Eropa, serta Amerika. Tidak hanya karakteristik dari musiknya saja yang diambil oleh The Panturas untuk konsep album tersebut. The Panturas juga mencoba untuk menyoroti dinamika sosial yang ada di dalam setiap budaya dan tradisi yang diwakilkan. Selain itu, The Panturas juga mencoba melakukan eksplorasi lintas genre musik untuk kebutuhan dalam menghadirkan karya yang dapat mewakili album keduanya nanti.

Image courtesy of: The Panturas

0 COMMENTS