Phonocut

The Phonocut: Cara Mandiri Cetak Piringan Hitam

  • By: NTP
  • Senin, 30 December 2019
  • 735 Views
  • 10 Likes
  • 7 Shares

Pernah penasaran soal proses percetakan piringan hitam? Baru-baru ini, gawai bernama The Phonocut mengklaim mampu mencetak plat sepuluh inci dalam waktu 30 menit. Gimana caranya?!

Jika Superfriends mau mencetak piringan hitam menggunakan alat ini, caranya mudah: siapkan file audio digital, aplikasi The Phonocut dan atur durasi lagunya sesuai ukuran vinyl. Masing-masing sisinya mampu memuat audio berdurasi sekitar 10 sampai 15 menit.

Setelah itu, colok kabel audio seperti jack headphone atau sejenisnya, dan tekan play. Kemudian stylus berbahan intan akan mengukir gelombang audio lagu kalian ke atas piringan tersebut.

Satu unit The Phonocut berukuran sama seperti turntable pada umumnya. Cangkangnya berbentuk kotak baja dengan luas sebesar 60 cm dan memiliki berat sekitar delapan kilogram.

Mesin unit pencetak tersebut digarap oleh pendiri The Phonocut, Florian "Doc" Kaps, ahli lathe asal Swiss; Flo Kaufman dan audio engineer KamranV.

“(Musik) digital punya masalah besar; bentuknya tidak nyata. Memang kita bisa dengan mudah mengaksesnya, tapi kita hanya bisa melihat atau mendengarkan saja. Kita tidak akan mungkin bisa menjilat, mencium atau menyentuhnya,” ujar Florian Kaps. 

“Banyak orang menyukai piringan hitam, tapi mereka tidak tahu soal proses produksinya. Kami harus menginspirasi dan meningkatkan kesadaran mereka soal celah kemungkinan bahwa mereka sendiri bisa memproduksi piringan hitam."

Kalau kalian mau mencetak piringan hitam sendiri menggunakan The Phonocut, gawai ini sudah tersedia di Kickstarter sejak 15 Oktober lalu, seharga US$1.100 atau sekitar Rp15,3 juta.

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Membantuuuu

Info Terkait

superbuzz
47 views
superbuzz
31 views
superbuzz
120 views
superbuzz
124 views
superbuzz
254 views