The Smiths Reuni Tanpa Morrissey dan Johnny Marr—Namun Gagal

  • By: OGP
  • Minggu, 28 January 2018
  • 2279 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kendati memiliki karier yang terbilang singkat, elit alternative rock The Smiths ternyata masih memiliki daya pikat luar biasa bagi penikmat musik. Terbukti, kerap kali band kebanggaan publik Manchester itu dirumorkan akan melakukan reuni akbar. Meski telah lebih dari tiga dekade bubar, sampai saat ini The Smiths masih belum menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka benar-benar akan berkumpul kembali.

Hingga belum lama ini, sang penabuh drum The Smiths, Mike Joyce mengunggah sebuah foto bertuliskan nama-nama personel The Smiths, minus vokalis Morrissey dan gitaris Johnny Marr. Di dalamnya unggahannya, ia menuliskan bahwa mereka akan segera menggelar konser musik klasik bertema The Smiths bersama Manchester Camerata Orchestra pada pertengahan tahun ini.

Menanggapi kabar itu, sang eks bassis, Andy Rourke pun langsung tegas membantah dirinya ikut terlibat di reuni parsial The Smiths. Baginya, tak ada kesepakatan resmi antara ia dan pihak penyelenggara konser.

“Andy Rourke tak pernah secara resmi mengonfirmasi akan turut ambil bagian di dalamnya, memberikan lisensi maupun mengizinkan penggunaan namanya untuk konser musik klasik The Smiths. Perusahaan produksi (Bad Production Ltd.) mengharapkan Andy Rourke akan menjadi bagian di proyek ini, tetapi hal itu belum disetujui oleh Andy Rourke dan timnya,” tulis Rourke, melalui pernyataan resminya dilansir via Pitchfork.

Setelah Andy Rourke menampik keterlibatannya, Mike Joyce akhirnya memutuskan untuk turut mundur dari proyek tersebut, hingga membuat acara konser orkestra tersebut batal.

“Sungguh mengecewakan, melihat kita semua sudah antusias menunggu konser tersebut,” ujar Craig Gannon, eks gitaris yang sempat bergabung The Smiths.

The Smiths terbentuk pada tahun 1982. Selama lima tahun berkarier, mereka telah melepas sebanyak empat album studio, yakni The Smiths (1984), Meat Is Murder (1985), The Queen Is Dead (1986) dan Strangeways, Here We Come (1987). Sampai pada akhirnya, ketika berada di puncak karier, The Smiths memutuskan bubar akibat konflik internal antar personel.

0 COMMENTS