The Winery Dogs Bicara Soal Track “Hot Streak”, Berawal dari Adaptasi Bass Stanley Clarke

  • By: LS
  • Kamis, 5 November 2015
  • 3607 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Bicara soal influence, Billy Sheehan memiliki wawasan musik yang luas. Dalam sebuah wawancara dengan bassplaying.com, Sheehan mengungkapkan dirinya terinspirasi dari banyak sosok, mulai dari Paul Samwell Smith, Paul McCartney, Jack Bruce, Tim Bogert, Doug Pinnick sampai Stanley Clarke. Yeah, nama terakhir dalam daftar musisi yang menginspirasi Sheehan ini memiliki kaitan dengan salah satu track yang menjadi judul album terbaru The Winery Dogs, Hot Streak.

Permainan bass musisi jazz asal Amerika Stanley Clarke menjadi awal dari terciptanya track “Hot Streak”. Ketika iseng mengadaptasi lick dari Stanley Clarke di studio, Sheehan menginspirasi Richie Kotzen untuk mengembangkan permainan tersebut. “Riff utamanya adalah bass line yang saya dapatkan dari adaptasi lick Stanley Clarke,” cetus Sheehan dalam wawancara bersama Guitar World.

Sheehan boleh saja hanya melakukan pemanasan pada saat itu. Apa yang terjadi di studio ketika proses penggarapan materi merupakan elemen menarik yang terkadang berawal dari spontanitas. “Saya ingat ketika berjalan masuk ke studio dan mendengar Billy memainkan lick itu. Saya mengatakan, ‘Itu sangat keren! Itu bisa menjadi sebuah lagu!’ Lalu Billy mulai memainkan itu terus-menerus dan Mike mulai memainkan beat drum dan saya mulai menyanyikan melodinya,” ujar Kotzen.

Melanjutkan proses tadi, sesi jamming yang mereka lakukan di studio ternyata membuahkan hasil. Track “Hot Streak” tercipta dalam waktu yang cukup singkat. Well, singkatnya proses ini mungkin tidak akan terjadi bila mereka memang tidak niat dan bersemangat untuk menggarap album. “Kami mulai memainkan chord dan mulai merekam jamming lewat riff itu. Lalu saya kembali dan memisahkannya di komputer dan akhirnya menghasilkan sebuah aransemen”.

Kotzen sangat yakin album ke-dua dari The Winery Dogs ini merupakan langkah besar yang mereka buat, ia pun menyatakan,“We really outdid ourselves on this record. It’s a step above the first one and I’m excited to get out there and find out how people respond to it”. Hate it or like it?

Foto: 904happyhour.com, vandohalen.com.br, loudwire.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
3966 views