Tips Bedain Kaos Band Luar yang Palsu dan Asli

Tips Bedain Kaos Band Luar yang Palsu dan Asli

  • By:
  • Kamis, 10 June 2021
  • 168 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dunia musik tidak terlepas dari merchandise, salah satu jenisnya adalah kaos band. Secara umum merchandise di ranah musik tak berbeda dengan cinderamata lainnya, yaitu pernak-pernik yang sering dijumpai dan digunakan oleh banyak orang di berbagai momen.

Merchandise terutama kaos band disebutkan sudah eksis sejak tahun 60-an, hal ini menjadi bukti eksistensi industri musik yang berkembang. Beberapa tahun belakangan ini kaos band kembali ramai dibicarakan dan menjadi salah satu gaya fashion yang banyak digunakan orang.

Tak cuma orang biasa, publik figur juga sering kedapatan mengenakan kaos band. Selain menjadi salah satu bentuk "oleh-oleh" dari menonton konser, misalnya, kaos band juga sering dijadikan sebuah acuan bagi fans yang benar-benar menyukai, mengidolakan band tersebut.

Band-band lokal pun turut membuat varian kaos band sebagai salah satu bentuk merchandise yang mereka sediakan untuk para penggemar. Penggunaan kaos band, baik itu band lokal maupun band luar negeri juga bisa menjadi bentuk dukungan kita kepada band favorit.

Agar dukungan yang kalian berikan benar-benar bisa sampai kepada band favorit, perlu untuk diperhatikan soal keaslian kaos band yang akan kalian beli. Jika kaos band yang kalian beli ternyata palsu atau bajakan, keuntungan dari penjualan ini tidak akan sampai kepada band favorit kalian.

Baca juga: 10 Kaus Band Terlangka dan Termahal di Dunia, Apa Saja?

Pasalnya, kini sudah banyak yang menjual kaos band palsu atau lebih tenarnya dikenal dengan istilah bootleg. Baik itu di situs penjualan online atau di pusat perbelanjaan. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang berminat mengenakan kaos band.

Nah, agar kalian tidak salah memilih kaos band abal-abal dan tak orisinil, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih kaos band yang asli dilansir dari berbagai sumber, termasuk defunkd.

Periksa Sablon Kaos Band

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk membedakan kaos band asli dan palsu yaitu memeriksa sablonnya. Umumnya kaos band asli memiliki desain dengan warna-warna yang lebih menyala dan tegas, persis seperti yang ada di website resmi atau media sosial band.

Kualitas sablon juga bisa kalian lihat dengan memegang sablon, jika sablon terasa timbul atau kasar, besar kemungkinan kaos band tersebut palsu. Kaos yang sudah di print dengan mesin tidak akan timbul tintanya karena sudah terserap ke dalam kain.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Metallica (@metallica)

Kualitas Bahan Kaos Band

Sebelum menjatuhkan pilihan pada kaos band incaran, pastikan juga untuk memeriksa kualitas dari bahan yang digunakan. Kebanyakan kaos band yang palsu akan menggunakan kualitas bahan yang kurang bagus, seperti kaku, lebih kasar, dan tidak menyerap keringat.

Kualitas bahan tentunya menjadi hal yang diperhatikan juga oleh band ketika merilis kaos band mereka. Jadi, jangan sampai terkecoh karena kalian tergiur dengan harga lebih murah, tetapi kaos band yang kalian miliki ternyata palsu.

Jahitan Samping Kaos

Memang tidak semua kaos band asli dibuat dengan tanpa jaitan samping, namun mayoritas kaos band asli dibuat dengan desain seperti itu. Tanpa jahitan samping. Dengan kata lain, ini menjadi langkah yang paling standar dan mendasar untuk kalian membedakan kaos band asli dan palsu.

Oleh karena itu tidak heran jika yang menjual kaos band dengan terdapat jahitan di samping akan dicurigai sebagai kaos band palsu.

Memeriksa di Official Website

Cara lebih aman ketika memilih kaos band adalah dengan mengunjungi official website dari band favorit kalian, atau juga bisa media sosial resmi mereka. Di sana biasanya kalian akan menemukan berbagai pilihan merchandise dari band.

Di sana juga biasanya akan ditampilkan desain dari kaos band yang kalian incar. Kalian bisa menjadikannya referensi ketika membeli dari orang lain atau di toko.

Jangan Membeli dari Sembarang Toko

Pastikan untuk membeli kaos band dari toko yang resmi, baik itu ketika membeli kaos band luar negeri atau lokal. Toko resmi ini bisa ditunjuk oleh band itu sendiri atau memang merupakan reseller dari kaos band asli.

Itu tadi beberapa tips dalam membedakan kaos band asli dan palsu. Kalian punya cara sendiri atau tips untuk membedakan kaos band asli dan palsu? Kasih komen di bawah, ya.

 

Image source: shutterstock

0 COMMENTS