rilisan fisik

Tips Bersihin Rilisan Fisik Buat Ngisi Waktu Karantina Lo

  • By: NND
  • Rabu, 20 May 2020
  • 610 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Salah satu hal positif dari diberlakukannya masa karantina di kediaman masing-masing adalah waktu luang lebih yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dalam keseharian kita. Hal yang paling umum dilakukan tentu terjun ke internet, tapi jika sudah bosan dengan dunia maya, kalian dapat selalu go offline dan melakukan hal yang juga produktif seperti membersihkan rumah atau kamar tidur kalian.

Jika itupun sudah kalian lakukan, mengapa tidak meluangkan waktu untuk koleksi rilisan fisik kalian? Sewajarnya rilisan fisik, perlu ada perawatan agar kondisinya bisa bertahan lama. Membersihkan rilisan fisik mampu menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisinya agar awet, tahan lama, dan menjaga pengalaman mendengarkan musik yang berkualitas.

Dalam kesempatan ini, SUPERMUSIC telah menjabarkan beberapa cara untuk membersihkan rilisan fisik kalian. Perlu diingat bahwa pembersihan rilisan kaset pita kerap diperdebatkan karena justru dinilai merusak kualitas suara, sehingga artikel ini hanya memuat tips membersihkan cakram padat (CD) dan vinyl (piringan hitam). Let's check this out!

***

Cakram Padat (CD/DVD)

Format rilisan fisik cakram padat seaslinya tidak memerlukan pembersihan yang rutin, terpenting adalah untuk membersihkannya di waktu-waktu yang tepat; seperti sebelum menyimpannya ke dalam cover, saat hendak memutarnya ke dalam player, atau saat cakram padat tersebut mengalami halangan saat dipasang. Pembersihan dalam tahap-tahap ini hanya perlu dilakukan jika cakram padat kalian nampak kotor. Jika tidak ada kotoran yang kasat mata, maka cakram padat tidak perlu dibersihkan.

Hindari membersihkan cakram padat dengan pelarut organik (acetone, benzene) karena dapat melarutkan unsur polycarbonate yang ada di permukaannya dan merusak cakram padat kalian. Pelarut ringan, seperti alkohol isopropyl atau methanol adalah jenis larutan yang dapat digunakan dalam pembersihan cakram padat karena dapat menguap dengan cepat tanpa melarutkan unsur polycarbonate. Kalian juga dapat menggunakan larutan khusus seperti water-based lens cleaner (pembersih lensa water-based).

Berikut adalah langkah praktis untuk membersihkan cakram padat kalian:

  • Gunakan air puffer untuk membersihkan debu
  • Jika hendak mengusap, gunakan kain lembut atau kain khusus lensa.
  • Coba bersihkan cakram padat secara kering sebelum menggunakan larutan pembersih
  • Hindari mengusap secara melingkar, usap dari tengah cakram padat ke arah luar
  • Jika banyak kotoran yang melekat di cakram padat, gunakan air telebih dahulu
  • Jika hendak membersihkan dengan larutan, gunakan laurtan khusus atau ispropyl alkohol/methanol.

Ingat, pembersihan cakram padat tidak perlu rutin, bersihkan secukupnya. Perhatikan juga kebersihan cover atau CD case cakram padat kalian, terutama bagian dalamnya, agar cakram padat dapat tetap bersih lebih lama saat disimpan.

Piringan hitam (Vinyl)

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan koleksi plat kesayangan kalian; mulai dari langkah-langkah yang paling simpel, hingga siasat yang memerlukan waktu lebih dan modal yang besar. Tiap cara yang hendak digunakan juga menampilkan hasil yang berbeda-beda sesuai dengan seberapa kotor piringan hitam yang hendak dibersihkan, jadi kalian dapat menentukan sendiri cara mana yang baiknya digunakan menurut piringan hitam kalian.

  • Bilas menggunakan air

Cara memberihkan piringan hitam yang paling simpel adalah dengan menggunakan air. Kalian dapat membilasnya secara langsung, atau dengan mengusapnya secara perlahan menggunakan kain basah. halus kemudian mengusapnya secara perlahan. Debu dan kotoran ringan dapat dengan mudah dibersihkan dengan cara ini. Selain itu, ia juga mudah dilakukan dan tidak memakan waktu yang lama. Jika kondisi piringan hitam kalian memiliki kotoran membandel, mungkin kalian dapat menggunakan cara lain yang lebih paten.

  • Solusi alkohol, distilled water, dan sabun cuci piring.

Menggunakan solusi ini perlu racikan yang tepat. Dalam meramunya, pastikan menggunakan ispropyl alkohol dan distilled water (air sulingan) dan mencampurkannya secara imbang (1:1). Tambahan satu atau dua tetes sabun cuci piring ke dalamnya, dan kalian sudah siap dengan solusi pembersih piringan hitam kalian sendiri. Tampung solusi ini dalam semprotan untuk menghemat waktu dan bahan, lalu semprotkan ke piringan hitam kalian sebelum diisup secara halus. Terakhir adalah untuk membilasnya dengan dengan air lalu keringkan dengan kain halus kering.

Hasilnya lebih baik ketimbang menggunakan air, namun perlu ada usaha lebih untuk mencari bahan-bahannya (semua tersedia secara online). Solulsi ini dapat membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada piringan hitam kalian, namun jika kalian ingin yang lebih bersih lagi, masih ada cara lain yang dapat kalian terapkan.

  • Lapisi dengan lem kayu

Adapula cara membersihkan piringan hitam yang lebih ekstrim namun mampu melawan noda paling bandel sekalipun, yakni menggunakan lem kayu. Penggunaan lem kayu untuk membersihkan piringan hitam cukup beresiko, oleh karena itu pastikan kalian siap dengan hasilnya. Gunakan plat yang tidak terlalu disayang untuk penerapan lem kayu sebagai pembersih untuk menjaga-jaga dan mengenal langkahnya terlebih dahulu. Untuk mengurangi resiko, gunakan juga lem kayu berkualitas tinggi yang masih segar.

Langkahnya tidak terlalu rumit, kalian hanya perlu melapisi lem kayu ke permukaan yang hendak dibersihkan. Pastikan lem kayu melapisi permukaan piringan hitam secara merata dan tebal agar mudah untuk mengupasnya saat sudah kering dan tidak meninggalkan noda karena patah saat dikupas. Dalam proses melapisinya, kalian dapat menggunakan turntable dan memutar piringan hitam sembari meratakan lem ke seluruh permukaan, namun pastikan turntable sudah dialas kardus agar tidak tumpah dan mengotori turntable kalian. Setelah seluruh permukaan sudah dilapisi secara rata dan tebal, keringkan di depan kipas.

Waktu yang ditempuh bisa cukup lama tergantung dengan kondisi pengeringan kalian. Tanpa kipas, lem bisa kering dalam satu hari penuh. Setelah lem kering, kupas lem yang sudah mengeras secara perlahan dan hati-hati, lakukan proses ini secara pelan dan dengan konsentrasi penuh agar piringan hitam tidak patah. Menggunakan lem kayu dapat membersihkan piringan hitam kalian secara maksimal, namun beresiko tinggi, mohon berhati-hati dalam mencobanya.

  • Gunakan pembersih khusus piringan hitam

Cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan pembersih khusus piringan hitam. Kalian dapat membelinya secara online, atau dengan mengunjungi record strore langganan kalian sendiri. Tentu, harganya akan cukup beragam tergantung merk yang kalian inginkan. Biasanya, pembersih bisa langsung disemportkan dan diusap dengan kain lembut. Ikuti petunjuk yang tersedia di setiap kemasan untuk informasi terkait cara penggunaannya.

Sumber:

Fred R. Byers. 1995. Care and Handling of CDs and DVDs: A Guide for Librarians and Archivist. Washington, DC. Amerika: Council on Library and Infromation Resources.

Steven Williams. Discogs Labs: Cleaning Solutions Tested.  https://blog.discogs.com/en/side-by-side-test-vinyl-record-cleaning-solutions/, diakses pada tanggal 20 Mei 2020.

*Foto: Karaokebananza, Witchdoctor

0 COMMENTS