Topaz Jones Sambut Album Baru dengan Rilis “Herringbone”

Topaz Jones Sambut Album Baru dengan Rilis “Herringbone”

  • By:
  • Rabu, 24 February 2021
  • 123 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Terakhir kali merilis sebuah karya dalam bentuk album di tahun 2016, 5 tahun setelahnya, tepatnya di tahun 2021, Topaz Jones akhirnya kembali untuk mengabarkan bahwa dirinya akan segera merilis album berjudul Don’t Go Tellin’ Your Momma. Proyek terbaru dari Topaz Jones ini merupakan salah satu proyek musik ambisius. Pasalnya, kembalinya Topaz Jones dengan album Don’t Go Tellin’ Your Momma ini juga ditemani dengan hadirnya sebuah film pendek dengan judul yang sama garapan Topaz Jones sendiri. Secara terbatas, film yang digarap dan dimainkan oleh Topaz Jones ini telah lebih dulu tayang. Sedangkan untuk album Don’t Go Tellin’ Your Momma hingga saat ini masih belum memiliki tanggal pasti dalam perilisannya.

Meskipun para penikmat musik dari rapper asal New Jersey ini masih menunggu kapan rilisnya album Don’t Go Tellin’ Your Momma, Topaz Jones akhirnya memutuskan untuk merilis sebuah single yang akan menyambut kehadiran album barunya nanti. Dirilis di awal bulan Februari lalu, Topaz Jones memperkenalkan sebuah lagu baru berjudul Herringbone yang dirilis sebagai single utama dari album Don’t Go Tellin’ Your Momma yang akan segera rilis tersebut. Dalam proses produksinya, Topaz Jones bekerja sama dengan Jack Hallenbeck dan Alissia Benveniste yang ikut andil sebagai produser untuk lagu Herringbone. Herringbone dan beberapa lagu lainnya yang ditulis untuk keperluan album Don’t Go Tellin’ Your Momma direkam secara live di kawasan pegunungan Pocono. Dalam proses rekamannya, Topaz Jones juga mengundang beberapa kolaborator dan musisi untuk melengkapi visi dan misi yang dirinya ungkap melalui album terbarunya tersebut.

Secara komposisi lagu, Topaz Jones masih menghadirkan ciri khas bermusiknya melalui lagu Herringbone. Topaz Jones menghadirkan elemen funk, rap, dan soul ke dalam penulisan lagu Herringbone sehingga berhasil menghadirkan warna musik yang cerah. Meskipun menghadirkan warna musik yang cerah, lirik yang dibawakan oleh Topaz Jones dalam lagu Herringbone cukup terdengar personal. Jika menggunakan Herringbone sebagai sebuah parameter, album Don’t Go Tellin’ Your Momma akan terdengar sebagai sebuah album retrospektif yang mengangkat tentang kisah hidup sekaligus perkembangan yang dialami oleh Topaz Jones sebagai seorang musisi rap hingga saat ini. Pencarian jati diri yang dilakukan oleh Topaz Jones juga diangkat melalui film pendek Don’t Go Tellin’ Your Momma.

Dalam film pendek Don’t Go Tellin’ Your Momma, Topaz Jones bekerja sama dengan Rubberband sebagai penulis skenario sekaligus juga berperan sebagai produser dari film pendek tersebut. Film Don’t Go Tellin’ Your Momma, Topaz Jones rilis terlebih dahulu sebelum single Herringbone bisa dinikmati oleh para penggemarnya. Topaz Jones merilis film ini pertama kali untuk Sundance Film Festival. Dalam ajang festival film tersebut, Don’t Go Tellin’ Your Momma garapan Topaz Jones ini berhasil memenangkan penghargaan Short Film Jury Award untuk kategori non fiksi. 

Sama seperti arahan dari musiknya, film Don’t Go Tellin’ Your Momma juga ditulis berdasarkan pengalaman hidup yang dialami oleh Topaz Jones. Terkait film perdananya tersebut, Topaz Jones mengakui bahwa film jadi sebuah medium penting bagi dirinya di saat lirik tidak lagi dapat memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang ingin dirinya ceritakan. Topaz Jones pun menambahkan, meskipun lirik yang dirinya tulis untuk lagu-lagunya kerap kali dapat menjadi medium yang baik untuk mengungkapkan pesan, namun ada kalanya emosi yang coba untuk disampaikan tidak dapat tersalurkan dengan baik. Oleh karena itu, Topaz Jones memilih untuk menggunakan film pendek sebagai medium visual demi jadi sebuah penyambung dari karya audio yang akan tersedia dalam waktu dekat.

Terkait sisi personalnya, Topaz Jones memulai karier bermusik rap secara profesional pada usia 23 tahun. Berasal dari New Jersey, lingkungan tempat tinggalnya merupakan salah satu sumber inspirasi untuk musiknya. Topaz Jones lahir dalam keluarga yang cukup berwarna. Ibu dari Topaz Jones merupakan seorang aktivis di bidang politik, sedangkan sang ayah merupakan pemain gitar untuk sebuah band beraliran funk. Dari latar belakang keluarganya tersebut, Topaz Jones berhasil untuk menggabungkan permainan musik yang indah serta permainan kata yang tegas dan terkesan nyata.

Tahun 2016, bisa dibilang sebagai tahun breakout bagi Topaz Jones. Pasalnya, pada tahun tersebut Topaz Jones akhirnya berhasil merilis album penuh perdananya berjudul Arcade. Melalui karya-karya yang tersaji di dalam album tersebut, para penikmat sekaligus kritikus musik langsung tertarik berkat gaya bermusik yang ditawarkannya. Bahkan sebuah media hip hop terkenal di Amerika Serikat pun sempat menganggap bahwa gaya bermusiknya tersebut terdengar cukup baik, layaknya sebuah story telling yang karismatik. Rilisnya album perdana tersebut juga membuka kesempatan bagi Topaz Jones untuk dapat berkolaborasi serta berbagi panggung dengan musisi hip hop ternama lainnya, seperti Travis Scott, Jeremih, Ty Dolla $ign, Big Sean, dan juga Future.

Meskipun baru mendapatkan pengakuan secara global di tahun 2013, Topaz Jones sudah membuat mixtape sejak usia 8 tahun. Di usia yang terbilang sangat muda tersebut Topaz Jones berhasil menghadirkan sebuah kompilasi dengan lagu-lagu dari Earth, Wind & Fire, Prince, serta Parliament/Funkadelic. Sejak kecil, Topaz Jones memang sudah mulai memperlihatkan ketertarikannya terhadap musik soul dan funk. Ketertarikannya terhadap dua genre musik tersebut Topaz Jones coba olah secara lembut untuk dapat menghadirkan kesan manis di dalam musik rap yang dirinya buat.

 

Image courtesy of Jason Emmerman

0 COMMENTS