RAINING SEASON: Track "November Rain", Lebih dari Sekedar Kisah Melankolis

  • By: AB
  • Sabtu, 26 November 2016
  • 7346 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Seperempat abad lalu band asal Los Angeles, Guns N’ Roses, melahirkan album Use Your Illusion. Dalam album itu tersemat balada November Rain. Lagu sendu memikat dari pria pengusung rock.

Kesuksesan November Rain membuat publik bertanya-tanya akan kisah di balik lagu itu. Kenyataannya, November Rain lebih dalam dari sekedar makna “hujan di bulan November.”

November Rain adalah potret hati melankolis bintang rock, dalam hal ini Axl Rose. Pria garang yang urakan itu menyimpan kisah pedihnya cinta yang tertuang lewat lirik melankolis November Rain.

Axl Rose diketahui menulis November Rain sebelum membentuk Guns N’ Roses, tepatnya pada tahun 1983. Hal itu diungkapkan Tracii Guns, rekan Axl di band LA Guns.

“Saat kami mengerjakan EP untuk LA Guns, kira-kira di tahun 1983, dia (Axl) memainkan November Rain dengan piano. (Seolah) itu seperti satu-satunya lagu yang (Axl) bisa mainkan. Dia kemudian bilang, ‘Suatu saat lagu ini akan sangat keren.’ Kemudian saya jawab, ‘Lagu itu sudah keren, tapi belum selesai.’ Di manapun, entah di hotel atau di tempat lain selama ada piano di sana, (Axl) akan selalu memainkan (November Rain). Kemudian saya bilang, ‘Kapan kamu akan menyelesaikan lagu itu?’ dan dia menjawab, ‘Saya enggak tahu apa yang harus saya lakukan dengan lagu ini,’” kisah Tracii.

Akhirnya, November Rain benar-benar selesai. Lagu itu secara resmi dirilis pada tahun 1992, satu tahun setelah album Use Your Illusion dirilis. Seolah memang takdir, kesempurnaan November Rain semakin menjadi ketika mendapat sentuhan melodi gitar Slash. Versi asli November Rain berdurasi 25 menit, kemudian disunting menjadi 8 menit 59 detik.

Aransemen November Rain bukan saja menarik dari isian gitar Slash dan intro piano Axl. Ketukan drum lagu itu cukup membuat mantan drummer Dream Theater, Mike Portnoy, penasaran.

Pada tahun 2012, Mike Portnoy mengunggah status Twitter soal November Rain. “November Rain adalah salah satu lagu terbaik sepanjang masa, tetapi mengapa Matt Sorum memainkan fill drum yang sama tiap 4 bar? (tepatnya 23 kali!),” kicau Portnoy.

Beberapa hari setelah kicauan itu diunggah, Sorum merespon, “Fill drum itu merupakan ide dari Axl sebagai bagian dari trilogi Don’t Cry dan Estranged. Album UYI (Use Your Illusion) 1 & 2 total terjual lebih dari 20 juta.”

Nampaknya, Sorum cukup kesal dengan komentar Portnoy, dia lantas menjelaskan pada Portnoy bahwa bermain drum bukan selalu soal teknik yang fantastis.

“Ingatlah nak @MikePortnoy, bermain drum tidak selalu tentang fill yang fancy dan suara simbal yang heboh, coba tanya pada Charlie Watts, Ringo dan Phil Rudd,” kicau Sorum.

Menyadari bahwa Sorum tersinggung dengan pertanyaannya, lantas Portnoy membalas kicauan itu dengan respon yang lebih terbaca sebagai upaya meredam suasana panas. “Setuju 1000% @mattsorum !! Ringo adalah salah satu pahlawan terbesar saya!! Tidak ada maksud untuk tidak menghargai, bro. Saya hanya melakukan sebuah observasi akan lagu itu. Peace! :),” cuit Portnoy.

November Rain bisa disebut potret masa emas Guns N’ Roses, dilihat dari komposisi personel yang ada. Lagu itu menampilkan permainan gitar dari Slash dan Izzy Stradlin, juga iringan bass dari Duff McKagan. Dizzy Reed mengisi keyboard pada lagu ini.

Sedangkan untuk Axl, November Rain adalah pembuktian diri sebagai penata musik handal. Tidak hanya bertindak sebagai vokalis dan mengisi bagian piano, Axl bertanggung jawab terhadap aransemen orkestra di bagian awal lagu. Dia mengerjakan sendiri bagian musik orkestra memanfaatkan teknologi penghasil suara sintetis via syntesizer.

November Rain menjadi lagu dengan durasi terpanjang ke-tiga dalam katalog lagu Guns N' Roses. Setelah Coma dan Estranged.

 

Video Musik Terbaik Di Zamannya

Tidak bisa disangkal lagi bahwa pesona November Rain berlanjut pada video musiknya. Disutradarai oleh Andy Morahan, video musik November Rain menjadi video musik termahal di zamannya. Biaya produksi pembuatan video itu menembus angka USD1,5 juta. Salah satu pengeluaran terbesar dari produksi video itu adalah pembangunan kapel di padang pasir.

Dengan biaya produksi yang tinggi, Guns N’ Roses cukup menikmati hasilnya. Nama mereka semakin melejit karena video musik itu sering diputar oleh MTV.

Video musik November Rain dibintangi oleh model Stephanie Seymour, pacar Axl pada waktu itu.

Dalam video itu, diceritakan bahwa Axl dan Seymour menikah. Para personel Guns N’ Roses tampak hadir dalam acara pernikahan itu. Kisah dalam video musik November Rain terinspirasi dari cerita pendek berjudul Without You yang ditulis Del James. Cerita itu berkisah tentang musisi blues yang mencoba mengatasi kekasihnya yang ingin bunuh diri. James merupakan sahabat Axl, sekaligus orang yang berperan dalam penulisan beberapa lagu Guns N’ Roses, juga Testament, dan TNT.

Lucunya, lebih dari dua dekade sejak video musik November Rain dirilis, Slash mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya tidak paham dengan konsep video musik itu.

“Sejujurnya, saya tidak paham (tentang November Rain. Itu sebuah konsep. Lagu itu sudah cukup menjelaskan tentang apa, tetapi video musiknya sangat kompleks,” kata Slash dalam wawancara dengan HuffPost Live di tahun 2014.

Slash juga mengaku tidak terlibat dalam proses pembuatan konsep video musik November Rain. Dia hanya ikut memikirkan scene dirinya sendiri.

“Saya menulis bagian scene saya dan enggak peduli soal produksi secara keseluruhan. Sehingga, saya tidak pernah benar-benar tahu (soal video musik itu). Saya hanya tahu ada (scene) pernikahan di suatu tempat dan saya tidak terlibat dalam konsep dari (scene) pernikahan itu,” kata Slash.

Pada tahun 1992, MTV menobatkan video musik November Rain di peringkat pertama dalam daftar 100 video musik terbaik tahun itu. Dalam sejarah YouTube, November Rain menjadi satu-satunya video musik paling banyak ditonton yang diproduksi sebelum era 2000-an. Saat artikel ini ditulis, video November Rain sudah diputar lebih dari 696 juta kali.

Entah sampai kapan November Rain akan terus dibicarakan. Yang jelas, Guns N’ Roses berhasil membuat lagu sepanjang masa yang selalu memiliki tempat tersendiri, khususnya di bulan November.

“Cause nothin' lasts forever, and we both know hearts can change, And it's hard to hold a candle, In the cold November rain.”

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
10357 views
superbuzz
412 views
superbuzz
755 views
superbuzz
631 views