reznor old town road

Trent Reznor Tanggapi Lagunya di-Sample dalam ‘Old Town Road’

  • By:
  • Selasa, 29 October 2019
  • 277 Views
  • 10 Likes
  • 6 Shares

Frontman dari Nine Inch Nails (NIN), grup industrial rock kawakan asal Amerika, Trent Reznor akhirnya angkat bicara terkait penggunaan lagunya sebagai sebuah sample dalam lagu hit hip hop “Old Town Road” oleh Lil Nas X. Untuk itu semua, Reznor mengaku merasa “aneh”.

“Awalnya, ketika mendengar lagu itu saya merasa awkward karena yang di-sample itu sesuatu yang intim—yang datang dari diri saya,” ungkapnya melalui sebuah sesi wawancara dengan pihak Rolling Stone. “Awal mendengar terasa aneh. Tapi saya rasa ia melakukannya dengan baik.”

Banyak fans dari rapper Lil Nas X yang tidak mengetahui bahwa trak andalan “Old Town Road” memiliki sample dari “34 Ghosts IV” milik NIN—lagu instrumental jebolan tahun 2008 lalu. Reznor dan kolaboratornya dalam lagu tersebut, Atticus Ross, turut serta dimasukan ke dalam credits dalam single mendunia sang rapper yang merajai tahun 2019 ini.

Tidak sembarang, "Old Town Road" berhasil menyabet rekor single nomor satu terlama dalam tangga lagu top 100.

“Old Town Road” kemudian menerima nominasi dari CMA, yang langsung disusul oleh respon dari Reznor dengan unggahan IG yang jenaka. Ia mengungah foto dirinya dan kolaborator Ross yang di-edit menjadi berbadan duo musisi country, Brooks & Dunn (menyikapi unsur country yang kental dari trek tersebut). Dari gestur tersebut, kita tahu betul bahwa Reznor sadar dan mengakui keterlibatannya dalam “Old Town Road”, namun belum pernah ia utarakan ke publik—setidak tidak pernah sebelum sesi wawancara bersama pihak Rolling Stone ini.

“Alasan mengapa saya tidak berkomentar apapun tentangnya selama ini adalah karena saya merasa bukan tempat saya untuk mengutarakan kritik sosial terhadap lagu itu,” kata Reznor.

“Perkara ini tentang sebuah materi yang digunakan dalam cara tertentu sehingga menjadi sesuatu yang jauh berbeda, dan orang-orang yang melakukanya lah yang seharusnya disorot. Mereka sempat mengajak hadir dan ber-cameo dalam video klip mereka, dan itu sangat menyanjungkan—saya tidak bermaksud untuk berlaku tidak sopan—tapi saya merasa sorotan tersebut bukanlah tempat saya untuk tampil. Saya ucapakan ini dengan rasa hormat yang besar.

“Tercantum dalam credits dari lagu nomor satu sepanjang masa—atau apapun itu—bukanlah sesuatu yang wajar... Saya tidak menyangka akan seperti ini jadinya,” sambungnya. “Tapi dunia ini memang penuh akan hal-hal aneh dan situasi seperti inipun bisa terjadi. Sungguh menyanjungkan, tapi saya merasa bukan tempat saya untuk naik ke panggung itu dan menepuk panggung sendiri dalam perkara ini.”

Dengarkan “Old Town Road” oleh Lil Nas X, dan lagu NIN yang di-sample—“34 Ghosts IV”, bawah ini:

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
180 views
superbuzz
126 views
supericon
174 views
supershow
321 views
superbuzz
454 views