Nisthura

'Trio Pendekar' Hip-Hop: Joe Million, Altarlogika, dan Don Wilco Bikin Album Kolaborasi, 'NISTHURA'

  • By: NTP
  • Senin, 17 February 2020
  • 525 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Di tengah riuhnya kebangkitan hip-hop di industri musik Indonesia, terutama yang mulai terlihat dan terdengar di tangga lagu radio serta laman depan YouTube, bawah tanah kerap menjadi pilihan tepat bagi aksi-aksi segar. Trio rapper yang semakin memantapkan posisi sebagai MC jempolan kancah hip-hop lokal: Joe Million, Altarlogika dan Don Wilco, secara mengejutkan melepas EP kolaborasi berjudul NISTHURA tepat di Valentine's Day lalu.

Elemen sonik dan formasi NISTHURA terbilang berpotensi menarik menjadi next big thing di kancah hip-hop lokal. Bermain-main di atas lima beat boom bap nyerempet teritori horrorcore dipenuhi sample unik tepat guna, "Tiga Pendekar" memuntahkan empat peluru braggadocio kelas berat yang kian langka di peredaran rap lokal.

"Album kolaborasi dari Altarlogika, Don Wilco dan Joe Million. Berawal mabuk, berakhir bikin 4 track," tulis mereka di laman Bandcamp NISTHURA.

Dibuka "Cipinang Cypher" (Joe pernah menghabiskan hidup di Imogen Studio, Cipinang) berbekal sample program radio Fire in the Booth besutan Charlie Sloth dan opening khas Michael Buffer, ketiganya tak membuang nafas percuma dan langsung menyerang di trek ini. Beat boom bap keras minus pemanis langsung menerjang telinga sekaligus back-to-back verse ketiga MC tersebut.

Sekujur NISTHURA dilengkapi sample nakal menggelitik yang menggugah dikulik. Contohnya adalah bagpipe khas Skotlandia yang nyaring membuka "Laga Tiga Pendekar", atau film lawas soal tari kejang, Gejolak Kawula Muda (1984) di hulu "Gejolak Kawula Murka". Disokong duo produser, Prime Manifez dan Dangerdope, ketiganya bermain-main dengan sample dengan kejahilan ala d-beat lokal (Domestik Doktrin, anyone?).

Formasi Altarlogika, Don Wilco dan Joe Million selain memberi amunisi telinga kualitas ekspor juga padu sebagai trio. Karakter vokal, flow, rima dan permainan kata mereka yang berbeda-beda justru menjadi pembeda di tengah banyaknya kolaborasi hip-hop lokal saat ini.

Selain menjadi sinyal bahwa Joe Million telah benar-benar kembali back to his game di era Vulgar (2017) setelah sekian lagu-lagu ketengan dan kolaborasi solid dengan Indra Menus, NISTHURA juga berhasil mengangkat Altarlogika dan Don Wilco.

Setelah kerap merilis berbagai single lepasan, Altarlogika berhasil menduduki pole position sebagai MC yang memadukan busuknya politik dan keseharian dalam satu kepalan bogem. Sementara, Don Wilco dengan karakter vokal berat dan gruff menjadi penyeimbang flow beruntun Joe atau amarah tinggi Altarlogika.

Trio berpotensi tinggi ini terlalu eksplosif untuk ditinggalkan begitu saja. Mengingat trio adalah format paling efisien sepanjang sejarah hip-hop bergulir, apakah Tiga Pendekar ini akan tetap berlaga? We'll see.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
14 views
superbuzz
193 views
superbuzz
725 views
superbuzz
171 views