Turnstile Rilis EP Kejutan ‘Turnstile Love Connection’

Turnstile Rilis EP Kejutan ‘Turnstile Love Connection’

  • By:
  • Selasa, 20 July 2021
  • 43 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah tak terdengar cukup lama, Turnstile akhirnya kembali ke permukaan dengan memberikan suatu kejutan. Ya, band hardcore punk asal Maryland Amerika Serikat tersebut menghadirkan sebuah mini album (EP) baru kepada para penggemarnya.

Mini album terbaru dari Turnstile itu diberi tajuk 'TURNSTILE LOVE CONNECTION' yang dirilis melalui Roadrunner Records. Ini menjadi rilisan pertama Turnstile dalam dua tahun terakhir setelah terakhir kali mereka merilis sebuah album studio pada 2018 lalu.

Meski dikenal dan masih konsisten sebagai band yang bergerak di skena hardcore punk, Turnstile tampaknya melakukan berbagai eksperimen dengan elemen-elemen musik di luar hardcore punk untuk EP baru kali ini. Contohnya seperti bebunyian elektronik khas hip-hop yang berpadu dengan distorsi gitar berat ala hardcore.

Terdapat 4 lagu di EP baru Turnstile ini dengan total durasi 8 menit. Tidak hanya itu, Bersama EP ini, Turnstile juga merilis film pendek yang merangkum empat video klip dari lagu-lagu di mini album ini. Mengutip Alternative Press, film pendek ini digarap di bawah arahan vokalis Turnstile, Brendan Yates.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TURNSTILE (@turnstiletribe)

Band ini juga telah mengumumkan jadwal tur singkat di AS untuk musim panas. Selain itu, Turnstile juga bergabung sebagai line-up untuk peringatan 10 tahun Outbreak Fest yang akan diselenggarakan pada Juni 2022. Turnstile akan tampil bersama band-band macam Basement, Citizen, Youth Of Today, Terror, Modern Life Is War, Higher Power, Loathe, Venom Prison, Fiddlehead, Superheaven, Chubby And The Gang, Static Dress, Year Of The Knife dan banyak lainnya.

Di tahun 2021 ini, Turnstile mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu bagian dalam inisiasi konser offline yang digalangkan oleh Slipknot bertajuk Knotfest Iowa pada September mendatang. Kabar mengenai keterlibatan Turnstile dalam konser offline garapan Slipknot tersebut sudah secara resmi diumumkan pada akhir Mei lalu.

Dengan momentum yang cukup besar dan menggembirakan ini, Turnstile pun memanfaatkannya dengan mengumumkan bahwa mereka akan membawakan rangkaian lagu baru dalam panggung tersebut. Salah satu lagu baru dari Turnstile ini pun sudah dirilis secara resmi oleh band hardcore asal Baltimore tersebut dengan judul Mystery.

Rilisnya lagu Mystery membawa kesan spesial yang datang dari Turnstile. Pasalnya, single Mystery merupakan lagu original pertama yang dirilis oleh Turnstile setelah mereka berhasil merilis album Time & Space di tahun 2018.

Dengan kata lain, akhirnya Turnstile memutuskan untuk menyudahi masa puasa karya baru yang sudah bergulir 2 tahun lamanya. Turnstile juga menyatakan bahwa lagu terbaru yang mereka rilis ini merupakan sebuah karya respons dari kehidupan di dalam pandemi.

Secara garis besar, Turnstile menjelaskan bahwa inti dari lagu berjudul Mystery ini merupakan sebuah pencarian tentang keindahan dan kedamaian di tengah kehidupan yang porak-poranda akibat penyebaran virus Corona yang ganas. Agar mengajak para pendengarnya untuk tetap positif menjalani kehidupan di masa pandemi dan isolasi, Turnstile menghadirkan aransemen musik yang terdengar upbeat sebagai sebuah sarana penyemangat. Lagu terbaru yang ditulis oleh Turnstile ini juga merupakan bentuk pengingat terhadap diri mereka sendiri sebagai unit musik hardcore.

Menurut Turnstile, dalam kehidupan bandnya tidak pernah ada kata normal. Semua yang berjalan di dalam Turnstile, baik proses kreatif maupun dinamika antara para anggotanya digerakkan atas dasar kejujuran. 

Kejujuran jadi hal penting dalam kehidupan Turnstile karena aspek tersebut membantu mereka untuk memahami lingkungan secara lebih toleran dan selalu berusaha untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah yang ada. Kejujuran juga dianggap Turnstile sebagai pintu pemahaman terhadap konsep alam semesta yang abstrak dan multi tafsir. 

Meskipun Mystery menjadi karya orisinal pertama yang dirilis oleh Turnstile selama 2 tahun, di tahun 2020 band hardcore asal Baltimore, Amerika Serikat ini sempat merilis karya kolaborasi bersama Mall Grab, seorang produser asal Australia.

a Serikat ini sempat merilis karya kolaborasi bersama Mall Grab, seorang produser asal Australia. Dalam proyek kolaborasi yang dilakukan oleh Turnstile tersebut, mereka bersama Mall Grab melakukan remix terhadap tiga lagu yang sebelumnya sudah lebih dulu rilis dan tergabung dalam album Time & Space di tahun 2018.

 

Image source: Instagram/Turnstile

0 COMMENTS