Twenty One Pilots Akhirnya Miliki Album Keenam 'Scaled and Icy'

Twenty One Pilots Akhirnya Miliki Album Keenam 'Scaled and Icy'

  • By:
  • Rabu, 16 June 2021
  • 100 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Karya dari Twenty One Pilots yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang. Duo alternative rock asal Ohio Amerika Serikat tersebut baru saja merilis album studio keenam mereka bertajuk Scaled and Icy pada 21 Mei 2021 kemarin.

Dilepas melalui Fueled by Ramen dan Elektra, tajuk dari album ini adalah anagram dari Clancy is dead, diambil untuk protagonis dari album Twenty One Pilots sebelumnya, Trech (2018). Judul album ini juga merupakan frase dari sang frontman, Tyler Joseph, yaitu scaled back and isolated terkait dengan musik yang diproduksi selama pandemi COVID-19.

Scaled dan Icy digambarkan sebagai, pada awalnya merupakan rekaman dari Twenty One Pilots yang paling ceria dan optimis sejak mereka pertama kali muncul pada tahun 2009, yang dijelaskan Joseph adalah reaksi terhadap "kondisi aneh dan suram" yang disebabkan oleh COVID-19 pandemi, selama album direkam.

Twenty One Pilots mulai memberi bocoran soal album baru ini pada Januari 2021 dengan memperbarui tajuk media sosial mereka dengan foto duo berwarna oranye di tempat kosong, logo era Trench band ditempatkan di antara mereka.

Produksi rekaman Scaled and Icy secara menyeluruh dilakukan oleh Tyler Joseph di studio rumahnya. Sedangkan Josh Dun didaulat untuk fokus untuk merekam dan menyunting audio drum di tempat tinggalnya. Twenty One Pilots juga menjelaskan bahwa hadirnya album ini digunakan sebagai bentuk luapan emosi dan kegelisahan yang sebelumnya terbendung selama tahun 2020.

Baca juga: Twenty One Pilots Ungkap Alasan Hanya Diisi Dua Orang

Konsep modern dan positif yang diusung untuk album keenam ini dianggap jadi solusi dari permasalahan personal yang hadir di masing-masing anggota Twenty One Pilots. Konsep tersebut tidak hanya hadir sebagai persona yang tampil secara visual saja. Twenty One Pilots pun mencoba untuk menyematkan energi positif tersebut ke dalam aransemen musik dan penulisan liriknya.

Tyler Joseph memasukkan elemen harapan dan kemungkinan yang hadir di dalam kehidupan untuk mengajak para penggemar Twenty One Pilots untuk tetap semangat ke dalam penulisan liriknya. Total ada 11 lagu yang disiapkan oleh Twenty One Pilots untuk menjadi rangkaian yang melengkapi album keenamnya mereka ini.

Adapun, single berjudul Shy Away menjadi nomor pertama yang dilepas oleh Twenty One Pilots pada April lalu. Kurang dari 30 hari setelahnya, Twenty One Pilots melepas single kedua berjudul Chocker.

Warna baru juga hadir di dalam lagu Choker. Berbeda dari instalasi musik Twenty One Pilots sebelumnya di Shy Away, Choker dinilai hadir dengan kesan emo yang kental. Mood yang dibangun dari lagu baru milik Twenty One Pilots ini dinilai cukup melodramatis dengan sedikit sentuhan yang relevan.

Twenty One Pilots mencoba untuk menggabungkan konsep tersebut dengan tema keseharian yang dapat selaras dengan kehidupan sehari-hari para penggemarnya. Tema utama yang diangkat oleh Twenty One Pilots adalah kegelisahan yang kerap datang membelenggu manusia. 

Untuk menghadirkan gambaran yang lebih jelas, Twenty One Pilots juga merilis video klip untuk single Choker. Kedua anggota Twenty One Pilots, Tyler Joseph dan Josh Dun pun ikut berperan dalam video klip yang disutradarai oleh Mark C. Eshleman ini.

 Video klip single terbaru dari Twenty One Pilots mengambil latar interior sebuah toko mainan yang ternyata memiliki kekuatan magis. Video klip terbaru milik Twenty One Pilots ini juga memiliki jalur cerita yang cukup unik dan menarik untuk ditonton. Sama halnya dengan video klip Shy Away, video klip terbaru dari Twenty One Pilots ini juga dibuka dengan tanda atau logo rahasia ciri khas dari Twenty One Pilots. 

Single ketiga dari album keenam Twenty One Pilots ini dirilis pada 18 Mei lalu atau tiga hari sebelum album mereka resmi dilepas. Berjudul Saturday, lagu ini menampilan Tyler Joseph dengan gaya rambut merah muda saat Twenty One Pilots tampil di video klip lagu tersebut.

Di bulan Mei kemarin pula, Twenty One Pilots mewujudkan rencananya mereka menggelar acara musik virtual untuk memeriahkan perilisan album Scaled and Icy. Acara tersebut dijadwalkan untuk dapat diakses di seluruh dunia, sehingga seluruh penikmat musik Twenty One Pilots bisa merasakan keseruan yang hadir dari semangat baru yang Tyler Joseph dan Josh Dun tawarkan. 

Album ini sendiri mendapat respons positif dari berbagai kritikus musik. NME, misalnya, menyebut album Scaled and Icy sebagai bentuk eksplorasi musik yang baru dari Twenty One Pilots. Hal ini membuat album tersebut sangat berbeda dari dua album teraktual Twenty One Pilots, Blurryface dan Trench.

 

Image source: Instagram/Twenty One Pilots

0 COMMENTS