Twenty One Pilots Kembali Hadirkan Warna Musik Berbeda Kurang dari Satu Bulan

Twenty One Pilots Kembali Hadirkan Warna Musik Berbeda Kurang dari Satu Bulan

  • By:
  • Sabtu, 29 May 2021
  • 61 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Dalam menyambut album barunya berjudul Scaled and Icy, Twenty One Pilots tampaknya cukup menunjukkan semangat yang besar. Pasalnya, Twenty One Pilots baru saja merilis single terbaru mereka berjudul Choker. Padahal kurang dari 30 hari yang lalu, Twenty One Pilots juga sempat merilis single perdana berjudul Shy Away untuk menyambut album barunya. Sebagaimana yang sempat diinformasikan sebelumnya, bahwa dalam album terbarunya, Twenty One Pilots mencoba untuk menghadirkan elemen musik yang berbeda dan lebih berwarna.

Warna baru juga hadir di dalam lagu Choker. Berbeda dari instalasi musik Twenty One Pilots sebelumnya di Shy Away, Choker dinilai hadir dengan kesan emo yang kental. Mood yang dibangun dari lagu baru milik Twenty One Pilots ini dinilai cukup melodramatis dengan sedikit sentuhan yang relevan. Twenty One Pilots mencoba untuk menggabungkan konsep tersebut dengan tema keseharian yang dapat selaras dengan kehidupan sehari-hari para penggemarnya. Tema utama yang diangkat oleh Twenty One Pilots adalah kegelisahan yang kerap datang membelenggu manusia. 

Untuk menghadirkan gambaran yang lebih jelas, Twenty One Pilots juga merilis video klip untuk single Choker. Kedua anggota Twenty One Pilots, Tyler Joseph dan Josh Dun pun ikut berperan dalam video klip yang disutradarai oleh Mark C. Eshleman ini. Video klip single terbaru dari Twenty One Pilots mengambil latar interior sebuah toko mainan yang ternyata memiliki kekuatan magis. Video klip terbaru milik Twenty One Pilots ini juga memiliki jalur cerita yang cukup unik dan menarik untuk ditonton. Sama halnya dengan video klip Shy Away, video klip terbaru dari Twenty One Pilots ini juga dibuka dengan tanda atau logo rahasia ciri khas dari Twenty One Pilots. 

Tanda rahasia tersebut sebelumnya digunakan oleh para personel Twenty One Pilots sebagai teaser Scaled and Icy. Hadirnya tanda atau logo rahasia tersebut adalah cara bagi Twenty One Pilots untuk mengajak para penggemarnya agar terus mengawasi informasi terkini tentang apa yang dilakukan oleh duo alternative rock asal Ohio tersebut. Tyler Joseph dan Josh Dun mengerjakan proses album terbaru dari Twenty One Pilots ini secara terpisah di tempat tinggal masing-masing. Keduanya memilih untuk tetap produktif secara maksimal meskipun harus berada di dalam situasi isolasi mandiri di masa pandemi. Tyler Joseph mengakui bahwa mengerjakan album secara terpisah merupakan hal yang baru dilakukan dirinya selama berkarier dengan Twenty One Pilots sejak tahun 2009. Proses rekaman terbaru untuk Twenty One Pilots ini tidak hanya hadir dengan tantangan, tapi juga dilengkapi dengan momen-momen unik yang menambah keseruan prosesnya. Salah satu momen unik hadir saat Tyler Joseph sedang merekam vokal untuk lagu Shy Away

Saat merekam vokal untuk lagu Shy Away di studio yang berada di dalam rumahnya, Tyler Joseph melakukan take vokal sambil menjaga putrinya yang masih berumur satu tahun. Di tengah proses rekaman, tiba-tiba anak dari vokalis Twenty One Pilots tersebut mulai ikut menyumbangkan suaranya. Meskipun terganggu, ternyata vokalis Twenty One Pilots mendapatkan ide yang cukup menarik. Tyler Joseph mencoba untuk memaksimalkan kejanggalan tersebut menggunakan teknik audio editing yang dimilikinya. Setelah berkutat dengan proses kreatif dalam menggubah audio yang berasal dari suara sang putri, Tyler Joseph mengakui bahwa dirinya cukup menyukai hasilnya dan suara dari anak perempuan vokalis Twenty One Pilots tersebut diikut sertakan di bagian awal lagu Shy Away

Shy Away merupakan langkah awal bagi Twenty One Pilots dalam menghadirkan nuansa yang berbeda dan lebih friendly. Jika sebelumnya dianggap memiliki persona yang lebih gelap dan terkesan serius, melalui video klip Shy Away, Twenty One Pilots mencoba untuk menghadirkan konsep modern dengan simbolisasi penuh warna untuk mewakili semangat dari album Scaled and Icy yang akan rilis bulan Mei mendatang. Konsep futuristis tersebut diakui oleh Tyler Joseph sebagai representasi dari bentuk energi atau semangat positif yang hadir di dalam kehidupan para anggota Twenty One Pilots dan disetujui untuk menjadi tema utama inisiasi musik terbarunya ini. Menurut sang vokalis Twenty One Pilots, perubahan yang dilakukannya dalam konteks konsep band merupakan hal yang umum terjadi. Tyler Joseph percaya bahwa perubahan adalah bagian esensial dalam menjalani kehidupan. Sedangkan urusan perubahan tersebut menjadi hal yang baik atau buruk akan kembali lagi dari cara menjalankan hidupnya sendiri. Tyler Joseph mencoba untuk memilih jalan hidup atau karier yang baik melalui konsep yang dirinya hadirkan ke dalam Twenty One Pilots. Hal tersebut juga ternyata memberi semangat baru kepada dirinya dan juga Josh Dun untuk tetap berkarya demi Twenty One Pilots meskipun ada di masa yang cukup mengkhawatirkan.

Produksi rekaman Scaled and Icy secara menyeluruh dilakukan oleh Tyler Joseph di studio rumahnya. Sedangkan Josh Dun didaulat untuk fokus untuk merekam dan menyunting audio drum di tempat tinggalnya. Twenty One Pilots juga menjelaskan bahwa hadirnya album ini digunakan sebagai bentuk luapan emosi dan kegelisahan yang sebelumnya terbendung selama tahun 2020. Konsep modern dan positif yang diusung untuk album keenam ini dianggap jadi solusi dari permasalahan personal yang hadir di masing-masing anggota Twenty One Pilots. Konsep tersebut tidak hanya hadir sebagai persona yang tampil secara visual saja. Twenty One Pilots pun mencoba untuk menyematkan energi positif tersebut ke dalam aransemen musik dan penulisan liriknya. Tyler Joseph memasukkan elemen harapan dan kemungkinan yang hadir di dalam kehidupan untuk mengajak para penggemar Twenty One Pilots untuk tetap semangat ke dalam penulisan liriknya. Total ada 11 lagu yang telah disiapkan oleh Twenty One Pilots untuk menjadi rangkaian yang melengkapi album keenamnya nanti.

 

Image courtesy of Jabari Jacobs

0 COMMENTS