podcast broken records tyler the creator

Tyler, the Creator Kupas Tuntas Album 'IGOR' Bareng Rick Rubin

  • By: NND
  • Sabtu, 12 October 2019
  • 257 Views
  • 3 Likes
  • 2 Shares

Podcast Broken Records, dengan host-nya Rick Rubin, hadir kembali dengan musim ketiganya. Menyikapi musim baru tentu butuh sesuatu yang segar, maka ditariklah rapper Tyler, the Creator sebagai bintang tamu. Rick Rubin mewawancari rapper muda itu terkait album terbarunya, IGOR.

Album IGOR menjadi titik sentral dari pembicaraan mereka yang berdurasi 50 menit itu. Salah satu topik yang awal naik adalah trek pembuka, “Igor’s Theme”—di mana Tyler menerka ulang sedang berada di studio bersama Lil Uzi Vert kala melodi vokal dari trek tersebut terlahirkan:

“Saya sedang bersama Uzi—Lil Uzi Vert—dan kita sedang nongkrong di studio. Saya sedang mengerjakan (“Igor’s Theme”) dan nyangkut tanpa lirik meski sudah ada melodinya. Tak lama, saya sedang di piano, memainkan nada ini, dan Uzi menyanyikannya lengkap dengan lirik, dan ia menyanyikannya dengan baik... maka lahirlah lagu itu—tidak ada kisah yang terlalu mendalam di baliknya.”

Dari sana, pembahasan tergiring ke arah betapa pentingnya sebuah lirik dalam berkarya, yang kemudian disetujui oleh Tyler atas kebiasannya sebagai seorang pendengar musik. “Saya suka beats terlebih dahulu, lalu melodi, baru lirik,” tuturnya. Ia juga menyebutkan beberapa nama musisi favoritnya, seperti Amy Winehouse, yang meski musiknya itu sangat ia gemari, ia baru mengerti apa yang mereka nyanyikan setelah sekian lama—setelah akhirnya ia mulai mendalami lirik dalam sebuah lagu.

Wawancara tersebut juga kemudian membahas tentang proses penulisan lagu dalam album IGOR. Tyler angkat bicara bahwa detail-detail kecil dalam aransemen, meski tidak selalu didengar oleh para pendengar, sangat penting bagi dirinya sendiri:

“Itulah mengapa saya selalu berpesan kepada fans saya, jika mereka bertemu saya dan menyapa saya atau apapun itu, dan menyatakan bahwa mereka suka dengan musik saya, saya ingin mereka menjelaskan bagian apa yang kalian sukai dari musiknya itu.

Jangan hanya bilang ‘saya suka musikmu’. Jangan. Jelaskan suka-nya itu di mana, karena jika kamu tahu kamu suka apa, itu akan sangat membantu membuatmu mengerti hal-hal lain dan menyaring hal-hal yang kamu tidak sukai,” jelasnya panjang lebar—yang rasanya cukup masuk akal, bukan? Saran yang baik, Tyler!

Penasaran dengan podcast-nya? Kalian bisa langsung mendengarkannya di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
28 views
superbuzz
26 views
superbuzz
109 views
superbuzz
127 views