Ulas Ringkas Album Rock Metal Terbaik 2020

Ulas Ringkas Album Rock Metal Terbaik 2020

  • By:
  • Rabu, 30 December 2020
  • 516 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2020 hampir berakhir yang mayoritas jalannya tahun ini diwarnai dengan serangkaian peristiwa memilukan, meski begitu para musisi hingga grup musik tetap berupaya melahirkan karya di tengah keterbatasan kondisi sulit.

Banyak dari pertunjukan musik di tahun 2020 terpaksa dibatalkan akibat pandemi COVID-19, namun tak sedikit dari musisi dan band yang mengeluarkan album baru di tahun 2020, bahkan saat pandemi COVID-19 masih masif mewabah.

Bahkan 2020 juga menjadi momentum dari banyak musisi atau band yang kembali berkaya atau menghasilkan karya baru. Sebut saja Ozzu Osbourne yang kembali merilis album setelah sepuluh tahun, ada pula Poppy yang masuk ke dunia rock dengan album I Disagree.

Dengan kata lain, 2020 memang menjadi tahun yang penuh dengan pasang-surut bagi band dan musisi. Kendati begitu, tak sedikit dari mereka yang masih bisa berkarya. Disitat dari Louder Wide, berikut ulasan ringkas tentang album rock metal terbaik 2020.

Lamb of God - Lamb of God

Daftar album rock metal terbaik pertama adalah Lamb of God yang merilis album bertajuk nama band mereka sendiri (self titled) pada 19 Juni 2020. Album rock metal terbaik ini berisikan 10 lagu dengan Memento Mori sebagai formasi pertama di dalamnya.

Album terbaru ini cukup lama dinantikan setelah Lamb of God terakhir kali melepas album studio pada 2015. Selain itu, album teranyar Lamb of God menjadi tanda bergabungnya Art Cruz yang menggantikan Chris Adler di posisi drum.

Pearl Jam - Gigaton

Daftar album rock metal terbaik 2020 selanjutnya adalah milik Pearl Jam dengan tajuk Gigaton. Album studio ke-11 milik Pearl Jam yang rilis pada Maret 2020 ini diawali dengan rilisnya tiga single "Dance of the Clairvoyants", "Superblood Wolfmoon" dan "Quick Escape".

Secara keseluruhan, album rock metal terbaik 2020 milik Pearl Jam ini berisikan 12 lagu. Album anyar tersebut mendapat respons positif dari berbagai pengamat musik. Saat album Gigaton milik Pearl Jam keluar, langsung menempati posisi kelima di Billboard 200.

Stone Temple Pilots - Perdida

Album rock metal terbaik 2020 berikutnya adalah milik Stone Temple Piltos yang diberi tajuk Perdida. Album ini merupakan album studio kedelapan milik Stone Temple Pilots yang dilepas ke pasaran pada 7 Februari 2020.

Band yang pernah digawangi oleh Chester Bennington tersebut melepas album dengan berisikan 10 lagu. Album ini juga menjadi album kedua Stone Temple Pilots dengan vokalis barunya, Jeff Gutt, yang kali ini mengambil konsep akustik pada lagu-lagunya.

Machine Gun Kelly - Tickets To my Downfall

Daftar album rock metal terbaik 2020 selanjutnya bisa disebut sebagai langkah berani dari seorang Machine Gun Kelly yang mengubah aliran musiknya dari rapper menuju punk rock/pop punk. Sempat dianggap sebagai lelucon, keberanian Manchine Gun Kelly melahirkan pembuktian.

Pada September 2020, ia melepas album bertajuk Tickets To my Downfall yang berkolabroasi dengan drummer Blink-182, Travis Barker. Loudwire bahkan menyebut album ini sebagai album pop-punk terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Corey Taylor - CMFT

Album rock metal terbaik 2020 selanjutnya adalah sebuah proyek solo dari vokalis Slipknot, Corey Taylor. Pada Oktober lalu, pria berusia 47 tahun tersebut melepas album solo debutnya yang diberi tajuk CMFT.

Menurut pengakuannya kepada Loudwire Nights pada awal 2020, Corey Taylor menyebut proses rekaman album solo ini adalah paling menyenangkan setelah album debut Slipknot pada 1999 silam. Di album solo kali ini, Corey Taylor membawakan musik penuh warna seperti rock, ballad, akustik, hingga nuansa hip-hop tanpa terdengar dipaksakan, sesuai porsi.

Bring Me The Horizon - Post Human Survival Horror

List album rock metal terbaik 2020 berikutnya adalah milik Bring Me The Horizon. Mengusung banyak kolaborasi dengan musisi-musisi ternama macam Babymetal, Yungblud, Nova Twins, hingga Amy Lee, Bring Me The Horizon melepas album bertajuk Post Human Survival Horror pada 30 Oktober 2020.

AC/DC - Power Up

Album terbaru AC/DC layak masuk ke dalam daftar album rock metal terbaik 2020. Pada 13 November 2020, unit veteran hard rock asal Australia tersebut merilis album studio ke-18 mereka yang diberi tajuk Power Up.

Album ini membuktikan bahwa AC/DC bisa bangkit dari serangkaian masalah yang sempat datang seperti kepergian salah satu pendirinya, Malcolm Young, karena masalah kesehatan hingga persoalan hukum. Tempat Malcolm kini sudah digantikan oleh Stevie Young yang merupakan keponakannya.

Kepada Music Week pada 28 Oktober, vokalis Brian Johnson mengungkapkan harapan AC/DC terhadap album Power Up agar bisa menjadi inspirasi bagi generasi baru. Harapan ini muncul setelah sejumlah video menunjukkan anak-anak muda generasi kiwari banyak memainkan Shot In The Dark.

"Sungguh luar biasa, mereka langsung memainkan lagu ini. Saya harap album Power Up melahirkan sekelompok anak yang ingin belajar gitar. Mungkin musik rock n' roll menjadi tidak mainstream, tapi setidaknya diputar lebih banyak di radio dibandingkan dengan sebelumnya, ayo kita buat seperti itu. Ini akan keren,” ujar Johnson.

Smashing Pumpkins - Cyr

Album rock metal terbaik 2020 berikutnya ada pada album terbaru milik Smashing Pumpkins yang diberi tajuk Cyr. Ada 20 lagu dalam album yang berformat double album ini di mana Smashing Pumpkins mengajak para pendengarnya bernostalgia dengan nuansa new wave 80-an.

Deftones - Ohm

Album rock metal terbaik 2020 berikutnya adalah sebuah comeback dari unit veteran modern rock/nu metal asal Amerika Serikat, Deftones. Pada 25 September lalu, Deftones merilis album studio kesembilan mereka yang diberi tajuk Ohm.

Album ini lahir setelah terakhir kali Deftones melepas album studio penuh pada 2016 lalu. Di album terbarunya, Deftones melepas 10 lagu baru yang semua liriknya ditulis oleh sang vokalis, Chino Moreno.

0 COMMENTS