UTBBYS: RILIS VIDEO DOKUMENTER TUR SUMATERA

  • By: SS
  • Selasa, 16 August 2016
  • 1261 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Unit post rock asal kota Bandung, Under The Big Bright Yellow Sun (UTBBYS), telah sukses merampungkan turnya ke pulau Sumatra, awal tahun 2016 kemarin. Selama satu minggu, 19-26 Februari 2016, perjalanan UTBBYS yang ditemani oleh Semiotika (band post rock asal Jambi) melakoni konser di tiga kota – yakni Jambi, Palembang dan Pekanbaru. Perjalanan darat yang melelahkan, sarat persahabatan dan antusiasme teman-teman Sumatra dalam menyambut musik UTBBYS. Semua itu akhirnya terangkum dalam video dokumenter Circus Travelling Show – Sumatera Tour 2016 yang baru dirilis dan berdurasi sekitar sembilan menit.

Sang gitaris, Yadi atau akrab disapa Komeng, bertutur bahwa ternyata Sumatra tidak seperti yang orang lain pikirkan. Sumatra bahkan sangat bersahabat dan bisa menerima musik UTBBYS dengan antusias.

“Hal yang sangat berarti bagi kami dalam rangkaian tur Sumatra ini adalah ikatan silaturahmi dari berbagai komunitas musik di Sumatra, yang selama ini jauh dari radar media sosial UTBBYS. Tentu ini sangat berarti karena ini merupakan tur pertama bagi kami. Kami tidak pernah berekspektasi yang berlebihan, namun hal ini dimentahkan dengan sambutan hangat dan antusiasme penikmat musik di Sumatra,” Ujar Komeng melalui rilisan pers-nya. 

Perkembangan skena musik di Sumatra pun menurut Komeng dirasa sangat menggembirakan, khususnya untuk musik post rock yang masih sangat segmented. Itu terlihat dari mulai bermunculan dan majunya band-band sejenis. Seperti Semiotika dari Jambi, atau Aksata, Time, dan Elisabethtown dari Palembang, serta Cigarettes Wedding dan Fuse dari Pekanbaru.

“Semoga hal ini juga dapat membuka jalur distribusi ke depannya untuk album UTBBYS, dan bisa membuat perkembangan musik di Sumatra semakin bagus lagi,” Tutur Komeng kemudian.

Selama satu pekan di Sumatra, Komeng bercerita bahwa UTBBYS tidak menemukan kendala yang berarti. Semua berlangsung menyenangkan apalagi ditambah antusiasme dan kehangatan teman-teman di Sumatra. “Suka duka? Hampir semua suka. Tak ada halangan yang berarti. Over all sangat menyenangkan...” Ujar Komeng yang berharap ke depannya bisa segera merangkai tur di Jawa dan Bali.

Video dokumenter perjalanan Circus Travelling Show dapat ditonton di sini:

Foto: Dok. UTBBYS

 

 

 

0 COMMENTS