Unusual Venues: 5 Tempat Pertunjukan Musik Terunik

  • By: OGP
  • Selasa, 26 September 2017
  • 5194 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bagi kaum penggemar musik sejati, konser musik merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang wajib dikunjungi. Bahkan tak sedikit para pemburu konser itu rela berkeliling dunia, hanya sekadar untuk menyaksikan langsung sang idola wara-wiri berpentas di atas panggung megah.

Sebuah pertunjukan musik lazimnya digelar di areal lapangan yang memiliki kapasitas cukup. Tentu saja hal ini untuk menampung daya jumlah para penonton yang diperkirakan membludak.

[bacajuga]

Tak seperti kebanyakan arena konser, ada beberapa lokasi konser musik yang menyuguhkan sajian unik dan tentunya suasana yang berbeda dengan konser-konser pada umumnya. Intip tempat-tempat pertunjukan musik terunik versi SuperMusic.ID berikut ini.

1. Cumberland Caverns, Tennessee, AS

Di area Tennessee terdapat sebuah gua alam bernama Cumberland Caverns. Gua ini dihiasi oleh dinding dan langit-langit bebatuan yang cukup memanjakan mata para pengunjung. Letaknya berada di bawah tanah dengan kedalaman lebih dari 300 kaki. Uniknya oleh pemerintah sana, Cumberland Caverns disulap jadi arena gelaran konser musik.  

Gema dari efek suara yang ditimbulkan oleh gua akan menambah kesan atmosfer yang tak biasa. Setiap bulannya terdapat konser rutin di Cumberland Caverns yang diberi nama Bluegrass Underground. Konser ini juga menjadi wadah bagi musisi-musisi bluegrass untuk tampil.

2. Red Rocks Amphitheatre, Colorado, AS

Di Colorado terdapat sebuah gedung ampiteater (tempat pertunjukan terbuka) berdekatan dengan perbukitan bebatuan berwarna merah yang cukup memesona. Oleh pemerintah Colorado setempat, tempat ini pun diubah jadi wisata musik. Jajaran elit musisi dunia seperti Jimi Hendrix, The Beatles, sampai U2 pernah menggelar pertunjukan musik di lokasi unik nan indah satu ini.

Struktur bebatuan berwarna merah alami yang mengitari seisi Red Rocks Amphitheatre menambah kesan artistik pada tata panggung. Lokasi alam ini juga mampu menampung hingga 10 ribu penonton. Para pengunjung konser tak hanya sekadar menikmati musik semata, mereka juga dimanjakan dengan pemandangan langit indah di sore hari.

3. Arena of Nîmes, Perancis

Tak hanya di Amerika Serikat, di Benua Eropa, tepatnya di negeri Perancis, juga menyuguhkan lokasi konser musik yang menakjubkan. Kemegahan Arena of Nîmes, yang terletak di kota Nimes pun jadi pusat perhatian sang para pemburu konser. Meski pada awalnya tempat ini adalah arena pertarungan antar gladiator dan perburuan hewan.

Seiring berjalannya waktu, kini di setiap musim panas tiba, ampiteater ini berubah menjadi tempat pertunjukan konser yang megah. Tak heran beberapa punggawa-punggawa rock ternama seperti Metallica dan Rammstein sempat menggelar konser akbar di sana. Bahkan James Hetfield dkk pun pernah merekam pertunjukan live mereka di Arena of Nîmes ke dalam DVD berjudul Français Pour Une Nuit (2009).

4. SteelStacks, Pennsylvania, AS

Tentu tak pernah terbayang bukan, jika sebuah pabrik baja tua disulap jadi tempat konser megah? Hal ini benar-benar terjadi jika kalian mengunjungi SteelStacks di Bethlehem, Pennsylvania, AS. Awalnya SteelStacks merupakan salah satu produsen baja terbesar di Negeri Paman Sam.

Konsep industrial alami pada tata panggung SteelStack menambah kesan estetika di dalamnya. Di sepanjang tahun, beragam petunjukan musik sampai orkestra rutin digelar. Salah satu gelaran yang jadi agenda wajib adalah Musikfest. Festival musik akbar ini pernah menghadirkan jajaran musisi-musisi kenamaan seperti Santana, Lynyrd Skynyrd, Blue Oyster Cult, Jane’s Addiction hingga Duran Duran.

5. Candi Prambanan, Yogyakarta, Indonesia

Kota Yogyakarta identik dengan bangunan candi-candi bersejarah. Salah satu candi yang kerap jadi destinasi utama para pelancong adalah Candi Prambanan. Selain jadi tempat rekreasi, Candi Prambanan juga dikenal seringkali menampilkan wisata musik dengan mengadakan konser-konser berskala internasional.

Candi Prambanan yang terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman itu memang dikenal memiliki pemandangan yang indah. Di setiap konser yang digelar, sajian lighting yang lalu lalang menyinari bangunan di malam hari turut memukau para pengunjung. Kesan historis dan paduan seni berbaur satu menjadi suguhan atmosferik yang menarik untuk disaksikan.

Foto Victoria Friendship The Symphony Orchestra di Prambanan oleh ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah​.

0 COMMENTS