Video Musik Rock dengan Biaya Produksi Termahal

Video Musik Rock dengan Biaya Produksi Termahal

  • By:
  • Jumat, 28 May 2021
  • 159 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Video musik menjadi elemen pendukung yang penting ketika seorang musisi atau band merilis sebuah lagu baru atau album baru. Video musik bukan hanya sebuah alat penunjang untuk promosi, tetapi juga sebagai cara untuk lebih terhubung dengan musisinya.

Video musik juga dibuat untuk mendukung sebuah lagu dalam menyampaikan maksud atau pesan yang ingin diberikan oleh musisinya. Begitu dianggap pentingnya video musik, tidak sedikit musisi atau band yang sangat serius dalam menggarapnya.

Ambil contoh unit rock legendaris Queen yang menyewa produser untuk membuat video musik "Bohemian Rhapsody" pada tahun 1975 yang digunakan sebagai promosi lagu tersebut di sebuah acara di Inggris, Top of the Pops. Kemudian David Bowie sampai menghabiskan dana 582 ribu USD untuk membuat video musik Ashes to Ashes di tahun 1980.

Dilaporkan oleh Forbes, video musik dari lagu Michael Jackson berjudul Scream menjadi video musik termahal atau punya budget paling besar sepanjang masa dengan biaya mencapai 10,7 juta USD.

Seiring waktu banyak artis yang melampaui anggaran pembuatan video musik David Bowie, terutama musisi pop star macam Madonna hingga Michael Jackson di akhir dekade 1990-an. Namun, ada pula nyatanya musisi atau band rock yang tercatat membuat video musik dengan budget mahal.

Nah, berikut ini Supermusic sudah merangkum 5 video musik rock dengan budget termahal yang dikurasi dari media musik cadas Loudwire.

Blink-182: The Rock Show

Lagu yang dirilis Blink-182 pada Mei 2001 ini merupakan nomor pembuka dari album keempat mereka, Take Off Your Pants and Jacket. Blink-182 disebut mendapatkan dana besar dari label mereka untuk membuat video musik lagu tersebut.

Dengan anggaran besar itu, Blink-182 membuat video musik dengan berkeliling dengan van mereka dan berjalan-jalan membagikan uang kepada orang-orang secara acak. Ini bergantian dengan cutscene grup yang memainkan lagu di beberapa lokasi berbeda. Intinya Blink-182 menghabiskan dana itu untuk hal-hal yang tak perlu. Dalam sebuah wawancara Blink-182 menyebut menghabiskan sekitar 500 ribu USD.

Garbage: Push It

Konsep yang dihadirkan Garbage pada lagu Push It terbilang unik di tahun 1998 dengan menghadirkan sosok-sosok aneh seperti alien, sosok yang terbuat dari listrik statis, seseorang berjas dengan bola lampu di kepala, dan karakter aneh lainnya. Video musik lagu ini sempat masuk nominasi MTV Video Music Awards 1998, tapi berujung dengan tanpa kemenangan. Dalam wawancara dengan Yahoo! pada 2018, Shirley Manson menyebut biaya produksi dari video musik ini mencapai 750 ribu USD.

My Chemical Romance: The Ghost of You

Konsep berbeda dihadirkan My Chemical Romance dalam video musik The Ghost of You yang dirilis pada 2005. Dengan lagu yang bertemakan soal mengatasi perasaan takut akan kehilangan, My Chemical Romance menghadirkan video musik dengan konsep Perang Dunia II.

Video tersebut berubah secara emosional ketika bassis Mikey Way ditembak dan dibunuh oleh tembakan Axis meskipun petugas medis (diperankan oleh Ray Toro) berusaha menyelamatkannya, menambahkan penekanan pada aspek kehilangan dalam video musik tersebut. Diarahkan oleh Marc Webb, pengambilan gambar video musik My Chemical Romance ini dilakukan selama dua hari di Malibu, California, dengan biaya mencapai 1 juta USD.

Guns N 'Roses: November Rain dan Estranged

Axl Rose mempersiapkan betul-betul materi musik ketika Guns N 'Roses merekam album Use Your Illusion. Axl Rose juga mempersiapkan konsep untuk membuat sebuah film atau trilogi berdasarkan lagu-lagu di album tersebut yaitu Don't Cry, November Rain, dan Estranged.

Untuk tiga lagu ini didasarkan pada cerita pendek dari penulis Del James yang berkisah soal kisah pernikahan dan kematian. Untuk pembuatan video musik lagu ini diperkirakan memakan biaya 1,5 juta USD. Sementara untuk video musik dari Estranged sebagai bagian terakhir dari trilogi ini biaya produksinya mencapai 4,5-5 juta USD.

Limp Bizkit: Rollin'

Video musik dengan konsep mewah di jalanan Amerika Serikat dihadirkan oleh Limp Bizkit pada video musik Rollin'. Single yang dirilis pada 2001 ini menampilkan beberapa bintang Hollywood dalam video musiknya seperti Ben Stiller dan Stephen Dorff.

Pengambilan gambar untuk video musik lagu ini dilakukan di atas Menara Selatan World Trade Center di New York City. Video "Rollin '" menerima penghargaan sebagai Video Rock Terbaik di MTV Video Music Awards 2001. Dikabarkan bahwa biaya produksi dari video musik ini mencapai 3 juta USD.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS