Vikri Rasta

Vikri Rasta Menuju Album Kedua: Gelar Pertunjukan Musik Sederhana

  • By:
  • Kamis, 7 January 2021
  • 316 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebuah pagelaran berhasil dihelat oleh musisi Vikri Rasta. Pria dengan nama asli Vikri Rahmat tersebut menggelar pertunjukan musik dengan bertajuk Tutup Album Sederhana di TRZY Coffee, Bogor, Jawa Barat pada 23 Oktober 2020.

Pertunjukkan itu dihelat sekaligus sebagai tanda bakal segera digarapnya album kedua milik Vikri Rasta & My Magic Friends. Keceriaan yang muncul ketika pertunjukkan dimulai pukul 16:00 WIB itu berkat Vikri Rasta dan The Magic Friend tampil membawakan lagu yang ada di dalam album perdana mereka.

Album debut tersebut diberi tajuk Album Sederhana yang dirilis empat tahun silam. Nomor-nomor tembang penuh kontemplasi seperti Langkah, Cinta Tlah Hilang, hingga Merah Putih dibawakan Vikri Rasta & My Magic Friends dengan syahdu.

Tidak lupa, Vikri Rasta membumbui pertunjukannya sore itu dengan orasi dan monolog bernuansa teatrikal penuh haru dari sang penyanyi. Semakin syahdu pertunjukkan itu dengan lirik-lirik puitis dari Vikri Rasta.

Album penuh bertajuk Album Sederhana sendiri berisi 10 lagu dari Vikri Rasta dan direkam pada medio 2011 silam, dan sukses dirilis pada tahun 2016. Dengan bantuan Ega Bagong yang kini menjadi istrinya, Vikri Rasta semakin serius mempromosikan album itu pada awal 2018.

Vikri Rasta lebih serius mempromosikan album tersebut ke khalayak dengan memproduksi sejumlah video klip dan tampil di berbagai pertunjukkan musik. Kemasan yang dipilih oleh Vikri Rasta untuk menyebarkan album tersebut juga terbilang unik.

Album musik tersebut dijual dengan 2 yang kemasan yang berbeda, yaitu Box Set dan CD tunggal. Untuk kemasan Boxset, selain tentunya berisi CD album juga berisi Kaos, Bucket Hat dan Pin yang merupakan produk titipan kawan-kawan Vikri Rasta.

Sedangkan untuk kemasan CD tunggal, dijual tanpa patokan harga. Penikmat musik boleh membayar sesukanya untuk CD tunggal yang dikemas secara sederhana seperti nama albumnya, yaitu dengan cover album yang hanya berupa kertas hasil fotocopy.

"Konsep penjualan Album Sederhana memang sengaja dibuat dengan dua kemasan, yang satu dijual agak mahal karena berisi produk-produk lain selain CD. Semua produk titipan teman dan dilepas rilis ulang setiap 100pcs. Setiap rilis Box Set isinya akan berubah-ubah. Gua bisa bilang, konsep Boxset ini adalah warungnya teman-teman gua untuk menjajakan produk mereka," kata Vikri Rasta pada 2018 lalu.

"Konsep kemasan CD Tunggal gua buat sesederhana mungkin dengan cover album hasil fotocopy-an dan dijual dengan harga seikhlasnya. Gua disitu mau mengajak teman-teman penikmat musik untuk belajar menghargai karya orang. Silakan bayar seikhlasnya, tapi jangan minta gratisan. Makanya cover di kemasan itu gua pake gambar tangan. Yaa mari sama-sama saling bantu deh dengan beli karya dan bukan dengan minta gratisan," jelas Vikri Rasta.

Digelarnya konser Tutup Album Sederhana menandai langkah baru Vikri di kancah permusikan nusantara. Rencananya dalam waktu dekat, ia dan para personel The Magic Friends bakal menepi ke kawasan Pahawang, Lampung, guna melakukan workshop pengerjaan materi album kedua.

Sebagai bentuk kecintaannya terhadap dunia seni, Vikri Rasta juga tercatat membuat show bertajuk Ngacapruk. Perihal Ngacapruk, ia diketahui telah menghelat acara rutin tersebut sejak tahun 201. Acara itu merupakan titik balik seorang Vikri Rasta untuk kembali berkarya di dunia musik, setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai aktor dan komedian tunggal.

Saat itu, Album solo Vikri yang bertajuk #Album Sederhana juga diluncurkan pada gelaran perdana acara Ngacapruk.

“Ngacapruk adalah showcases Vikri & The Magic Friend. Pertama kali dibuat tahun 2016, bertepatan dengan rilisnya #Album Sederhana. Sampai sekarang, Ngacapruk sudah jalan sebanyak empat seri dan kami selalu melibatkan banyak seniman untuk berbagi panggung”, kata manajemen Vikri Rasta melalui siaran persnya.

Terbentuknya “Ngacapruk”, menurut Vikri dilandasi oleh adanya keresahan yang ia rasakan setelah berkecimpung di dunia hiburan tanah air selama kurun waktu 15 tahun. Ia mengaku sulit berekspresi dan batasan-batasan lain sehingga kenyamanan dan keasyikan dalam berkarya tak tercipta.

Karena itu, terbesit di benaknya membuat suatu wadah atau media yang dapat menjadi penyalur hasrat idealisnya di seni hiburan tanpa batas. Berangkat dari hobinya yang senang backpacker ke beberapa daerah, muncul masalah baru.

“Keresahan datang dari sejumlah komunitas. Mereka mengaku tidak bisa besar kalau di daerah, jadi harus ke kota,” tutur Vikri Rasta.

Sekilas Vikri Rasta

Vikri Rahmat atau kini lebih dikenal sebagai Vikri Rasta merupakan sosok kelahiran Bogor 13 Januari 1985. Vikri Rasta mengawali karier sebagai penyiar radio Kisi FM Bogor. Dirinya kemudian lebih dikenal sebagai Stand Up Komedian (Komika) keluaran Stand Up Indo Bogor dan juga rapper dalam band Rocker Kasarunk garapan Ferdy Taher. Vikri Rasta juga dikenal sebagai MC, dan aktor dalam sebuah program di stasiun TV swasta dan juga beberapa film layar lebar lainnya.

Belakangan ini, Vikri Rasta mulai serius menggeluti dunia musik dengan terbentuknya Vikri Rasta & My Magic Friends. Konser sederhana yang baru saja ia selenggarakan menjadi tapal batas dirinya dengan karya baru yang bakal segera dilepas ke khalayak.

0 COMMENTS