Vokalis Avenged Sevenfold Buka Mulut tentang Kabar Album Baru

Vokalis Avenged Sevenfold Buka Mulut tentang Kabar Album Baru

  • By:
  • Senin, 1 February 2021
  • 600 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Jika dilihat dari pergerakannya di beberapa tahun ke belakang, Avenged Sevenfold tetap jadi band yang cukup aktif. Aktifnya Avenged Sevenfold dapat terlihat melalui perilisan single serta beberapa kali mengadakan dan juga aktif berkolaborasi bersama musisi lainnya. Namun satu hal yang belum mereka lakukan hingga saat ini. Avenged Sevenfold belum kembali merilis album penuh sejak 2016 berjudul The Stage. M. Shadows selaku frontman dan vokalis dari Avenged Sevenfold baru saja mengumumkan bahwa band yang menaunginya tersebut sedang fokus dalam menggarap album kedelapan untuk para penggemarnya.

Meskipun belum merilis kembali album penuh sejak tahun 2016, Avenged Sevenfold sempat merilis EP untuk pertama kali di tahun 2018 berjudul Black Reign. Namun kali ini, M. Shadows mengutarakan bahwa materi yang sedang Avenged Sevenfold garap akan memiliki nuansa berbeda dari karya-karya mereka sebelumnya. Menurutnya dalam sebuah wawancara, karakteristik musik yang dimiliki oleh Avenged Sevenfold sudah mengalami perkembangan dan perkembangan tersebut berbanding terbalik dengan kumpulan musik yang telah mereka buat selama ini. Perubahan atau perkembangan yang dialami oleh Avenged Sevenfold tersebut didasari berkat pandemi Covid-19 di tahun 2020. Pandemi yang melanda dunia tersebut seakan memberikan ruang untuk bernapas bagi Avenged Sevenfold agar dapat memberikan karya-karya dengan aspek kreatif yang menyegarkan.

Menurut Johnny Christ yang merupakan pemain bass di dalam tubuh band metal asal California ini, ide dan arahan kreatif dari karya terbaru Avenged Sevenfold ini sebetulnya sudah lama dikerjakan oleh para personelnya. Namun, pengerjaan tersebut tidak mendapatkan prioritas akibat aktivitas Avenged Sevenfold dalam melangsungkan konser setiap tahunnya. M. Shadows juga menambahkan bahwa materi-materi baru yang dipersiapkan untuk album kedelapan Avenged Sevenfold ini semuanya masih dalam proses belum ada hal matang yang bisa mereka presentasikan kepada publik. 

Kendala dalam prosesnya pengerjaan album Avenged Sevenfold ini hadir karena teknisi mereka merupakan seseorang yang berada di usia lanjut. Mengingat pandemi Covid-19 yang rentan menyerang kelompok usia senja, M. Shadows bersama Avenged Sevenfold memilih untuk tidak melangsungkan proses mixing sesegera mungkin, bahkan jika seluruh materinya telah berhasil mereka rekam secara keseluruhan. M. Shadows bersama para anggota Avenged Sevenfold lainnya merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mereka melakukan hal dalam moderasi. Tidak terlalu terburu-buru dan jika dunia sudah kembali pulih dan waktunya tepat, maka album kedelapan Avenged Sevenfold pun akan segera diperkenalkan.

M. Shadows pun menambahkan bahwa bisa saja album kedelapan dari Avenged Sevenfold yang sedang digarap ini baru bisa rilis ketika kondisi dunia telah membaik dan mereka dapat melangsungkan tur konser kembali. Pasalnya tur konser masih jadi salah satu media promosi terbaik untuk perilisan sebuah album. Selain itu, di kondisi dunia yang sedang membutuhkan pemulihan, Avenged Sevenfold rasa musik baru mereka dengan nuansa rock atau metal dengan kadar distorsi berbeda dari sebelumnya bukanlah pilihan yang tepat untuk menemani hari-hari para penggemarnya. M. Shadows merasa, jika memang album ini harus memakan waktu tiga tahun, bukan jadi hal yang dipusingkan oleh Avenged Sevenfold, karena sang vokalis ingin album baru dari bandnya tersebut mampu merepresentasi kondisi dunia yang lebih menyenangkan dan jauh dari rasa kekhawatiran.

Selanjutnya, M. Shadows juga mengungkapkan tentang perilisan album Avenged Sevenfold secara digital. Menurutnya, merilis album di masa pandemi secara digital melalui iTunes dan Spotify memang merupakan langkah baik. Meskipun begitu, vokalis dari Avenged Sevenfold ini menyoroti bagaimana sebuah album baru yang lahir di tahun 2020 seakan datang dan pergi saja. Menurutnya, paling lama orang mendengarkan lagu atau album baru melalui platform digital secara intensif hanya dalam satu minggu. Lewat dari itu, setiap orang akan mencari hal baru lagi. M. Shadows tidak menginginkan dampak tersebut menghampiri Avenged Sevenfold. Sang vokalis bersama anggota Avenged Sevenfold lainnya akan bersabar sekaligus bersantai dalam menggarap album kedelapan ini. Dirinya menginginkan album kedelapan dari Avenged Sevenfold memiliki pengaruh atau mampu menarik perhatian banyak orang ketika rilis nanti dan selanjutnya dapat langsung dimainkan di depan para penggemarnya yang tersebar di seluruh belahan dunia.

Selama perjalanan kariernya, karakteristik musik Avenged Sevenfold memang terasa sekali perubahannya. Pertama kali hadir, Avenged Sevenfold dikategorikan sebagai salah satu band bermusik ekstrem bernapaskan heavy metal. Namun lambat laun arahan kreatif dari Avenged Sevenfold mengalami perubahan ke arah, alternative metal, hard rock, bahkan untuk album terakhirnya di tahun 2016, musik Avenged Sevenfold dirancang dengan elemen-elemen progressive metal. Maka perubahan karakteristik musik yang ditawarkan pada album kedelapan Avenged Sevenfold nanti juga jadi hal yang menarik untuk ditunggu. 


Karakteristik musik yang luas ini juga hadir berkat kalangan musisi yang jadi inspirasi dari Avenged Sevenfold. Sebut saja, nama-nama seperti In Flames, Metallica, Iron Maiden, Megadeth, Slayer, Elton John, Leonard Cohen, At the Gates, Helloween, Dream Theater, Pennywise, NOFX, Pantera, Def Leppard, Guns N' Roses, The Beatles, Black Sabbath, Led Zeppelin, dan The Rolling Stones merupakan segelintir dari banyaknya inspirasi bagi Avenged Sevenfold. Karakter musik yang beragam dan selalu berevolusi ini nyatanya sempat jadi polemik bagi berbagai pandangan pihak di industri musik. Menurut mereka, musik Avenged Sevenfold terasa kurang metal. Untuk hal tersebut, M. Shadows menyatakan bahwa mereka berkarya atas dasar kecintaan seluruh anggota Avenged Sevenfold terhadap musik dan bukan untuk dilabeli sebagai band metal, meskipun musik metal adalah inspirasi utama Avenged Sevenfold dalam berkarya.

0 COMMENTS