WELCOME TO WACKEN: Dokumenter Virtual Reality Metal Pertama Siap Ditayangkan

  • By: NTP
  • Sabtu, 25 March 2017
  • 1491 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Wacken Open Air, sebagai festival musik cadas terakbar di dunia, belum lama ini melakukan terobosan. Film dokumenter Welcome To Wacken (2017) akan menjadi dokumenter metal pertama yang direkam dalam format virtual reality interaktif.

Dokumenter virtual reality ini akan menampilkan seluk beluk Wacken Open Air, serta mengisahkan Wacken Open Air dalam lima bagian berbeda, melalui perspektif beberapa penonton festival tersebut. Puncak film ini akan menampilkan panggung Arch Enemy, yang direkam secara 360 derajat dan menempatkan perspektif pemirsa bersama band asal Swedia tersebut.

Film dokumenter tersebut akan ditayangkan untuk pertama kali pada gelaran Hot Docs, Canadian International Documentary Festival. Penayangan perdana Welcome To Wacken masuk dalam sesi penayangan program DocX, selama 28 April hingga 1 Mei di Toronto, Kanada. Rencananya film tersebut akan tersedia dalam beberapa medium VR setelah pemutaran di festival itu.

Welcome To Wacken adalah dokumenter festival musik pertama yang menggunakan teknologi virtual reality 360 derajat. Dokumenter ini diproduksi oleh Banger Films, rumah produksi spesialis rock dan metal dari Kanada, bersama Secret Location.  

“Sejak film dokumenter pertama kami, Metal: A Headbanger’s Journey, kami ingin menciptakan suatu karya unik tentang Wacken. Metalheads di seluruh dunia mengerti bahwa perjalanan dan pengalaman menonton band di Wacken adalah hal yang akan mengubah hidup kita,” papar Sam Dunn, sutradara Welcome To Wacken dan co-founder Banger Films.

“Kami merasa bahwa cara terbaik untuk menerjemahkan rasa ini adalah untuk merekamnya lewat virtual reality. Pengalaman menonton film ini kami punya rasa sebanding dengan merasakan lumpur Wacken yang menempel di kaki anda!,” sambungnya.

Rumah produksi Banger Films didirikan oleh Scot McFadyen dan Sam Dunn pada tahun 2004, untuk mendistribusikan dokumenter yang mengisahkan sejarah metal di Eropa dan Amerika Serikat. Sejak 2004, Banger Films telah memproduksi beberapa dokumenter dan serial televisi tentang beberapa band metal/rock dan subkulturnya. Beberapa dokumenter tersebut adalah Global Metal (2008), Iron Maiden: Flight 666 (2009), Rush: Beyond the Lighted Stage (2010), serial Metal Evolution (2011), dan Super Duper Alice Cooper (2014).

 

0 COMMENTS