Wolf Alice Puncaki Chart Album Inggris Berkat ‘Blue Weekend’

Wolf Alice Puncaki Chart Album Inggris Berkat ‘Blue Weekend’

  • By:
  • Selasa, 6 July 2021
  • 56 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Terbayar sudah kerja keras dari unit indie rock asal London, Wolf Alice. Album ketiga mereka yang bertajuk Blue Weekend, mendapat sambutan meriah sehingga berhasil menorehkan catatan spesial dalam perjalanan karier mereka.

Album tersebut awalnya direncanakan bakal dilepas pada 11 Juni 2021, namun Wolf Alice nyatanya bisa mengebut penggarapan album ini sehingga dirilis lebih cepat pada 4 Juni lalu. Tak butuh waktu lama buat album Wolf Alice ini untuk mendapatkan atensi besar dari publik penikmat musik di Inggris.

Pada Jumat (11/6/2/21), Wolf Alice resmi menyalip penyanyi wanita pendatang baru, Olivia Rodrigo, dalam mencetak album nomor satu chart Inggris dengan 'Blue Weekend'. Mereka juga telah mengklaim minggu pembukaan terbesar untuk grup Inggris pada tahun 2021.

Album baru Wolf Alice itu memulai debutnya di posisi teratas dengan lebih dari 36.000 penjualan dan 14.700 di antaranya adalah salinan vinyl. Grup ini juga menyalip Royal Blood untuk mengklaim minggu pembukaan terbesar untuk grup Inggris pada tahun 2021 sejauh ini.

'Blue Weekend' adalah salah satu dari tiga rilisan baru yang masuk dalam Top Five, bersama James' 'All The Colors Of You' (Nomor Tiga) dan 'The Voice Of The Heroes' karya Lil Baby & Lil Durk (Nomor Lima) . 'Future Nostalgia' Dua Lipa kembali masuk ke dalam Top Five di No. Empat.

Torehan ini jelas menjadi catatan spesial buat Wolf Alice karena dua album mereka sebelumnya, My Love Is Cool (2015) dan 'Visions Of A Life' (2017) menempati album posisi kedua di chart Inggris. “Mawar berwarna merah, ungu adalah biru, kami selalu mengira kami akan menjadi Nomor 2 – tapi ternyata tidak! Yes!," ujar Wolf Alice soal pencapaian mereka.

Sebelum resmi merilis album ketiganya, Wolf Alice melepas beberapa single secara berkala. Setelah lagu pembuka The Last Man on Eart diperkenalkan, Wolf Alice kembali merilis single kedua bertajuk Smile pada 20 April lalu. Sama seperti lagu sebelumnya, single ini debut di acara nnie Mac's show di BBC Radio 1.

Dalam sesi wawancara virtual, band yang digawangi oleh Ellie Rowsell (vokal, gitar), Joff Oddie (gitar, vokal), Theo Ellis (bass) dan Joel Amey (drum, vokal) itu mengaku album barunya itu terasa lebih ambisius ketimbang proyek musik lainnya yang pernah mereka kerjaan terdahulu.

"Kami melakukan yang terbaik yang kami bisa, bagaimana caranya membuat album yang kami inginkan. Kami berdiskusi mengenai visi kami dan apa yang kami rasakan," ujar Joel Amey.

Karena digarap dengan lebih ambisius ketimbang album sebelumnya, Ellie Roswell mengatakan pendengar mereka dapat dengan mudah menemukan perbedaan karya kali ini dengan apa yang pernah mereka keluarkan sebelumnya.

"Mungkin ada banyak lagu-lagu di album ini yang terdengar berbeda bila kamu mendengarkan lagu-lagu lama kami. Ini dibuat dengan proses dan pengalaman yang lebih kuat sebagai musisi yang mengerjakan rekaman," tutur Ellie.

Ketika ditanyai tentang apa sebenarnya album Blue Weekend, Theo Ellis mengatakan karya mereka bisa saja dimaknai berbeda oleh masing-masing yang mendengarkannya.

"Aku pikir mungkin saja tiap orang yang mendengarkan liriknya bisa memaknainya secara berbeda. Kami memahami tiap orang memiliki kesadarannya sendiri terhadap musik. Tidak apa-apa karena tujuan kami membuat musik adalah agar orang dapat mengeksplorasi emosinya masing-masing. Itulah indahnya musik," kata dia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wolf Alice (@wolfaliceband)

Tahun 2017 merupakan tahun terakhir Wolf Alice merilis album. Album kedua Wolf Alice bertajuk Visions Of Life merupakan salah satu karya Wolf Alice yang paling mendapatkan atensi serta apresiasi positif selama karier band tersebut.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan berhasilnya Wolf Alice menyabet penghargaan Mercury Prize di tahun 2018. Mercury Prize merupakan sebuah ajang penghargaan untuk rilisnya album terbaik dari musisi asal Inggris Raya dan Irlandia.

Tracklist album Blue Weekend dari Wolf Alice:

01 The Beach

02 Delicious Things

03 Lipstick on the Glass

04 Smile

05 Safe From Heartbreak (if you never fall in love)

06 How Can I Make It OK?

07 Play the Greatest Hits

08 Feeling Myself

09 The Last Man on Earth

10 No Hard Feelings

11 The Beach II.

 

Image source: Instagram/Wolf Alice

0 COMMENTS