Download Festival: Gelaran Rock/Metal Terbesar Tanah Britania Raya

  • By: NTP
  • Senin, 23 October 2017
  • 5027 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Download Festival lahir dari kematian Monsters of Rock, salah satu festival rock besar di Britania Raya. Monster of Rock digelar di sirkuit Donington Park, Leicestershire, Inggris sejak 1980 hingga 1996.

Setelah festival tahunan ini berakhir, Stuart Galbraith, Tom Pyke, dan Andy Copping mengadakan Download di lokasi yang sama pada 2003. Awalnya, Download hanya berlangsung selama satu hari, baru pada 2005 festival ini diperpanjang menjadi tiga hari.

Nama Download dipilih karena kala itu kata download masih dianggap tabu di industri musik, juga karena festival ini menampilkan band-band rock/metal yang dianggap sebagai musik pemberontak. Misi Download sebagai penerus Monster of Rock di abad 21 adalah dengan menggunakan internet sebagai jembatan antara musik dan para penggemar.

Saat pertama kali diadakan, Download diselenggarakan di dalam sirkuit Donington Park, seperti Monsters of Rock. Namun pada 2008 Download dipindahkan ke area Sunday Market di sisi barat sirkuit, lantaran pembangunan Donington Park sebagai sirkuit Formula Satu.

Walau lokasi Sunday Market dinilai memadai, namun jumlah penonton menjadi terbatas dan jarak dari lokasi perkemahan ke area festival menjadi jauh. Pada 2009, Download dipindahkan ke area selatan sirkuit hingga kini.

Sejak 2016, Download bercabang ke Prancis, yang diadakan di Hippodrome de Longchamp, area balap di kota Lyon. Banyak dari band-band yang tampil di dua festival kembar ini, walau formasi penampilnya tidak pernah sama.

Download Festival 2017 diadakan pada 9-11 Juni, bertepatan dengan hari jadi ke-15 festival ini. Melanjutkan tradisi Download sejak 2003, festival ini berhasil menarik nama-nama besar dan band-band yang paling ditunggu. Beberapa band besar yang akan tampil adalah System Of A Down, Biffy Clyro dan Aerosmith di Main Stage, juga supergroup Rage Against The Machine dan Public Enemy: Prophets of Rage, Mastodon, Slayer, Red Fang serta Opeth.

0 COMMENTS

Info Terkait