Hellfest 2018: Selamat Datang, 'Neraka' Baru!

  • By: NTP
  • Minggu, 18 February 2018
  • 3290 Views
  • 4 Likes
  • 10 Shares

Di berbagai negara Eropa, festival rock dan metal adalah objek wisata khusus yang hanya digelar setahun sekali. Jika Inggris punya Bloodstock dan Jerman punya Wacken, maka Prancis punya Hellfest Summer Open Air yang digelar tiap bulan Juni di Clisson, Loire-Atlantique.

Gelaran ini adalah pelopor festival rock dan metal di Prancis. Predikat festival musik dengan penonton terbanyak di Prancis masih dipegang Hellfest.

Festival ini awalnya berasal dari Fury Fest, yang digelar di berbagai lapangan di Pays de la Loire, Nantes, sejak 2002 hingga 2005. Inisiator festival ini adalah komunitas CLS Crew asal Clisson. Gelaran perdana Fury Fest digelar di gelanggang olahraga Val-de-Moine dan dihadiri sebanyak 400 penonton.

Awalnya, Fury Fest menampilkan band-band punk, hardcore dan metal, seperti Arkangel asal Venezuela serta Poison the Well asal AS. Tiga tahun kemudia, penonton festival ini menanjak hingga 7.000 jiwa. Membludaknya jumlah penonton mengharuskan Fury Fest berpindah digelar selama dua hari.

Jumlah penonton membengkak sebesar 21.000 di tahun 2004 dan 30.000 di tahun 2005 (digelar selama tiga hari), dengan penampil utama seperti Slipknot dan Soulfly. Pada periode 2004 hingga 2005, Fury Fest digelar di Le Mans.

Hellfest kemudian mengambilalih festival ini di tahun 2006. Pada tahun tersebut angka penonton Hellfest mencapai 22.000 orang, jumlah ini terus menanjak hingga 55.000 tiket ludes terjual di tahun 2017.

Festival ini biasanya memuat empat panggung kecil dan satu panggung utama. Di panggung nomor wahid, tampil band-band hard rock atau metal ternama seperti Iron Maiden dan Deep Purple. Sementara, empat panggung lainnya dibagi berdasarkan spektrum genre, yaitu black metal, death metal, hardcore/punk dan stoner/doom metal. Nama-nama seperti Electric Wizard, Cannibal Corpse, Motorhead, dan Sick of it All pernah tampil di sini.

Walau dianggap salah satu festival rock dan metal terbesar di Eropa, Hellfest kerap dituding sebagai biang masalah. Bahkan pada Maret 2010, dua hari sebelum pemilihan daerah Pays de la Loire, PM Prancis François Fillon, dan ketua partai MPF Philippe de Villiers, menuding Hellfest sebagai festival satanik.

“Nilai-nilai kami berbeda dengan Dewan Regional yang mendanai festival satanik!” tegas De Villiers.

Kericuhan ini usai setelah Patrick Roy, politisi dari PSF, mendorong Frédéric Mitterrand (Menteri Kebudayaan dan Komunikasi Prancis) dalam debat Assemblée Nationale pada 30 Maret untuk berhenti memojokkan Hellfest. Penyelenggara festival ini pun memasang foto Roy sebagai tribute pada Hellfest 2011, dua bulan setelah politisi ini meninggal.

Tahun ini, Hellfest kembali ke Clisson pada 22 hingga 24 Juni mendatang. Tak tanggung-tanggung, line-up fantastis disajikan oleh festival ini. Nama-nama besar yang tampil dari A Perfect Circle, Deftones, Avenged Sevenfold, Iron Maiden, Judas Priest, The Hollywood Vampires, Limp Bizkit, Marilyn Manson, Megadeth, Nightwish, A Perfect Circle, Deftones, Parkway Drive, Body Count, hingga Stone Sour. Wow!

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
148 views
supershow
318 views
supershow
1339 views
supershow
7813 views