daniel johnston

Jeff Tweedy, Phoebe Bridgers hingga Beck Memberi Penghormatan Kepada Daniel Johnston

  • By: YAS
  • Minggu, 20 September 2020
  • 253 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Electric Lady Studios baru saja menggagas sebuah acara tribut kepada Daniel Johnston. Sosok cult kancah musik alternatif/lo-fi yang tutup usia pada bulan September tahun 2019 lalu karena penyakit jantung.

 

 

Daniel Johnston yang dikenal melalui deretan lagu seperti "Life in Vain", "True Love Will Find You in the End", hingga "Walking the Cow" memang meninggalkan kenangan mendalam kepada generasi di bawahnya.

Phoebe Bridgers, Beck, Jeff Tweedy, Adam Green, Devandra Banhart dan Jessie Harris adalah beberapa diantara mereka yang merasakan hal tersebut. Electric Lady Studios pun tanpa ragu menggelar tribut satu tahun setelah Daniel Johnston pergi.

Dalam tajuk Honey, I Sure Miss You, Electric Lady Studios menghadirkan nama-nama di atas untuk memberi penghormatan kepada idola mereka tersebut. Di sana, Phoebe Bridgers dan Harrison Whitford tampil memainkan lagu "Peek-a-Boo", Jeff Tweedy dengan "Cold Hard World", hingga Beck yang memilih "True Love Will Find You in the End" untuk dibawakan kembali.

Nama Daniel Johnston mencuat pertama kalinya ke permukaan peta musik Amerika Serikat pada tahun 1983 melalui album Hi, How Are You. Darisana namanya terus menghiasi MTV di banyak kesempatan, hingga bisa berada sejajar dengan Dead Milkmen, Mike Watt, Sonic Youth hingga the Butthole Surfers yang sudah tenar saat itu.

Sebuah album tribut untuk Daniel Johnston yang menampilkan nama-nama seperti Flaming Lips, Beck, dan Tom Waits juga sempat dirilis pada tahun 2004. Kemudian Lana Del Rey dan Mac Miller juga sempat bekerjasama untuk membuat film tentang sang maestro. Film tersebut diberi judul Hi, How Are You Daniel Johnston? dan sukses ditayangkan di Mama Gallery, Los Angeles pada tahun 2015.

0 COMMENTS