MARYLAND DEATHFEST: Festival Metal Terbesar di Amerika Serikat

  • By: NTP
  • Senin, 20 February 2017
  • 1734 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

“Pesta metal tahunan terbesar di Amerika” adalah slogan berani Maryland Death Fest, festival extreme metal yang sudah digelar di Baltimore, Maryland sejak tahun 2003. Maryland Death Fest (MDF) juga dikenal sebagai salah satu festival extreme metal paling konsisten dan terbesar di belahan Amerika Utara. Menginjak umur 14 tahun pada 2017, MDF semakin mantap menggelar pesta extreme metal selama empat hari, dari 25 hingga 28 Mei mendatang.

Menurut Ryan Taylor dan Evan Harting, duo penggagas MDF, gagasan yang mendasari festival tersebut adalah keinginan mendatangkan band metal bawah tanah terbaik dan paling ekstrim. Tidak dibatasi genre dan tidak terpengaruh tren, MDF menampilkan penjelajahan maksimum band-band extreme metal, baik tua maupun muda.

Walaupun pada tahun-tahun awal para penampil utama MDF adalah band death metal legendaris (Panggung perdana Suffocation pada 2003 usai vakum selama lima dan penampilan perdana Bolt Thrower di Amerika Utara usai 14 tahun absen, pada 2009), belakangan MDF berhasil menampilkan band-band “langka” seperti Buzzov*en, Dropdead, Godflesh, dan Siege. Dalam situs resmi MDF, mereka menyatakan pentingnya keberagaman band-band terbaik dari berbagai genre extreme metal.

“Proses penentuan band mana saja yang akan kami undang biasanya tergantung dari band apa saja yang kami sedang dengarkan, dan siapa saja yang ingin ditonton oleh banyak orang. Masih banyak band yang belum pernah tampil di AS, sebelum mereka diundang ke MDF, itu juga salah satu fokus kami,” papar Evan.

“Kami menduga jika kami mengumumkan lineup yang menarik dan ada angka minimum penonton, maka kami bisa memperkirakan seberapa besar pemasukan kami. Orang orang sangat mengapresiasi cara kami, juga bagaimana kami bisa berjalan selama 10 tahun tanpa dukungan finansial sponsor,” imbuh Ryan.

Selama penyelenggaraannya pada tahun 2003 hingga 2009, MDF hanya berlangsung selama dua hari, dengan satu panggung yang dihuni rata-rata 40 band. Pada tahun 2009, MDF digelar selama dilengkapi dua panggung dan bertambah menjadi tiga panggung di tahun 2013. Pesta metal tersebut pun diselenggarakan selama tiga hari (empat hari pada 2017), dan menampilkan rata-rata 60 band extreme metal lintas genre dari berbagai belahan dunia. Sejak 2015, pengelola MDF pun  melebarkan sayap dengan menggelar California Deathfest dan Netherlands Deathfest.

 

0 COMMENTS