POHODA: Festival Musik Lintas Genre di Eropa Tengah

  • By: GP
  • Kamis, 6 July 2017
  • 1881 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Tak kalah dengan negara-negara besar di Eropa, Slovekia yang terletak di Eropa Tengah tahu betul pula cara bersenang-senang lewat musik. Negara pecahan Cekoslovakia itu memiliki festival musik akbar bernama Pohoda.

Pohoda pertama kali digelar pada 29 Juni 1997 di Kota Trenčín dengan nama Kráľovská Pohoda. Pendirinya bernama Michal Kaščák dan Mario Michna. Sekitar 2000 pengunjung menghadiri acara, walaupun dapat dibilang mengalami kerugian lantaran tiket yang terjual tercatat hanya 140 lembar. Namun hal tersebut tak menggentarkan Michal Kaščák untuk tetap membuat festival musik Pohoda.

Selalu mendatangkan headliner medioker, mulai tahun 2003, line up Pohoda diisi oleh nama-nama besar seperti Wu-Tang Clan, Pixies, The Prodigy, Garbage, The Cardigans, dan Skatalites. Jumlah penonton pun meningkat pesat. Dari 3000 , lalu naik ke 8000 orang pada 1999, kemudian tahun 2000 menembus angka 20 ribu penonton. Hingga pada 2008, Pohoda mendatangkan lebih dari 30 ribu pengunjung.

Unttuk tahun ini, festival yang namanya berarti “perdamaian” ini akan menghadirkan nama-nama tersohor seperti Solange, Alt-J, M.I.A., Ylvis, Birdy, The Jesus and Mary Chain, Jake Bugg, Boys Noize, Rodrigo y Gabriela, Slowdive, dan Future Islands. Acaranya akan berjalan selama tiga hari, yakni pada tanggal 6 hingga 8 Juli 2017. Band rockabilly asal Bali, The Hydrant, dijadwalkan juga akan tampil di Pohoda Festival tahun ini dalam rangka Rockabilly Gypsy Tour, yang didukung juga oleh SuperMusic.ID.

“Ketika mempersiapkan Pohoda, kami mencoba untuk menggunakan pendekatan yang sama seperti saat mengundang seseorang berkunjung ke rumah Anda. Anda ingin mereka merasa nyaman di tempat Anda, ingin mereka merasakan tempat yang baik untuk duduk dan tidur. Anda juga mempersiapkan makanan dan minuman enak dan mengusahakan segala kemungkinan untuk membuat mereka merasa nyaman, bahkan di kamar mandi atau toilet. Kemudian Anda bisa mendengarkan musik yang bagus, bergoyang, menonton film, berbicara tentang kegembiraan dan tantangan di dunia ini, membahas seni,” Tutur Michal Kaščák lewat situs resmi Pohoda.

“Kami percaya bahwa pengunjung kami dapat merasakan pendekatan ini. Kami, di sisi lain, pasti bisa mengatakan bahwa pengunjung adalah tamu yang hebat. Mereka menciptakan suasana terbaik yang pernah kami alami di banyak festival,” tandasnya.

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
1176 views
supernoize
1517 views
supernoize
3413 views
superbuzz
2461 views

5 Negara Eropa Tercadas

Supporting Stage
883 views