Roadburn Festival 2019: Sajikan Kurasi Tomas Lindberg dan Panggung Spesial Sleep

  • By: NTP
  • Minggu, 2 September 2018
  • 1151 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Salah satu festival metal dan musik arus pinggir terunik, Roadburn Fest kembali digelar untuk ke-20 kalinya sejak 1999. Gelaran di Tillburg, Belanda ini dikabarkan akan menampilkan trio doom/stoner metal, Sleep sebagai band pamungkas dan vokalis At the Gates dan Disfear, Tomas 'Tompa' Lindberg sebagai kurator.

Sebagai penampil utama di Roadburn 2019, Sleep akan tampil sebanyak dua kali, 13 dan 14 April, dengan dua materi berbeda. Pada penampilan perdana, mereka akan membawakan seluruh materi dari album legendaris, Holy Mountain (1993). Sementara di panggung kedua, Sleep akan membawakan seluruh materi album terbaru mereka, The Sciences (2018).

“Roadburn senang bisa menyambut Sleep kembali ke festival ini sebagai penampil utama di tahun 2019. Dalam penampilan yang akan merangkum karir mereka, Sleep akan memainkan album ikonis Holy Mountain. Di malam selanjutnya fokus mereka akan beralih pada album baru, The Sciences. Akan cukup waktu tersisa bagi mereka untuk membawakan lagu-lagu tambahan dan kejutan untuk menambah nuansa langka pada penampilan mereka.”

“Selama tiga dekade, Sleep sudah menjadi lagu kebangsaan para stoners, dropouts dan para penikmat riff berat. Tidak berlebihan jika Sleep dinyatakan sebagai band berpengaruh di ranah heavy music, khususnya bagi kami di Roadburn.”

“Walau hubungan kami dengan para personel Sleep jauh melampaui penampilan perdana mereka di Roadburn 2012 (OM, High on Fire dan Neurosis bukanlah band-band baru di panggung Roadburn), panggung itu enam tahun lalu memupuk ikatan yang dalam antara mereka dan festival ini. Sejarah kami akan berkelindan selamanya. Rasanya pantas untuk merayakan hal itu bersama-sama sebagai bab terbaru band yang luar biasa ini,” tulis Roadburn.

Roadburn juga tetap melanjutkan model kurator per penyelenggaraan yang sudah berlangsung sejak tahun 2009. Kali ini Roadburn menunjuk Tomas Lindberg, vokalis death metal kenamaan asal Swedia. Pada gelaran tahun ini dikurasi oleh vokalis Converge, Jacob Bannon.

“Roadburn memiliki sejarah kurator yang beragam. Tiap tahunnya, seorang pengarah kreatif dipilih untuk menekan cap mereka dan mencetak sepercik dari pribadi mereka di peta Roadburn. Di tahun 2019, tradisi kurator akan dilanjutkan oleh Tomas Lindberg di bawah bendera The Burning Darkness.”

“Wajahnya tidak asing lagi bagi para pengunjung Roadburn, Ia pernah tampil di Roadburn 2016 bersama Disfear. Dia paling dikenal dari karyanya bersama At The Gates dan Disfear. Ia juga pernah membesut Skitsystem, Lock Up dan The Great Deceiver, yang kemungkinan besar berarti wajahnya ada di koleksi album pengunjung Roadburn,” tulis Roadburn dalam siaran pers.

Lindberg pun turut berkomentar, “Bagi saya, Roadburn utamanya berbicara tentang eklektisisme dan musik bawah tanah, dengan berbagai gaya, yang ingin mencuri perhatian anda. Saya dan Walter telah membicarakan soal berbagai kemungkinan penyelenggaraan, saya merasa bersemangat atas arah pembicaraan ini. Sampai jumpa di sana!”

The Burning Darkness arahan Lindberg akan dilangsungkan di berbagai panggung pada 12 dan 13 April mendatang. Sementara itu, beberapa band lain yang dipastikan akan tampil adalah Birds In Row, Gore, Have A Nice Life, Heilung, Louise Lemón, Midnight, Seven That Spells, dan Vile Creature.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1005 views
superbuzz
2073 views
superbuzz
1376 views
superbuzz
2229 views
superbuzz
1347 views