Roadburn Festival: Gelaran Metal Paling Eksentrik di Dunia

  • By: NTP
  • Senin, 23 October 2017
  • 1488 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Roadburn Festival adalah festival musik tahunan yang diselenggarakan tiap April di Tilburg, Belanda sejak 2005. Awalnya festival ini adalah acara dari webzine Roadburn yang digagas oleh Jurgen van den Brand dan Walter Hoeijmakers.

Sejak 1999, penampil Roadburn melebar dari band-band stoner, doom dan heavy rock, menjadi panggung untuk berbagai grup yang sulit diklasifikasi dalam kotak genre. Salah satu kekhasan Roadburn adalah kurasi penampil yang dilakukan melampaui genre atau sub-genre. Para penampil Roadburn adalah band-band eksentrik dan ‘unik’.

Walau semakin lama semakin longgar, para penampil Roadburn tetap memiliki benang merah. Mereka biasanya band atau musisi yang menabrak batas ekstremitas metal dan rock, baik dari segi bunyi, isi atau presentasi. Para band dan musisi radikal ini memenuhi Tilburg tiap tahunnya, mewakili gorong-gorong terdalam metal dan rock.

Kurasi Roadburn tidak hanya dilakukan oleh penyelenggara inti saja, sejak 2008 beberapa kurator tamu biasanya memilih band dan musisi yang akan tampil. Tiap kurator menghadirkan benang merah dan kekhasan tersendiri. Nama-nama seperti Mikael Akerfeldt (Opeth), Lee Dorian (Cathedral, eks Napalm Death), Jus Oborn (Electric Wizard), dan Sunn O))) pernah mengkuratori Roadburn.

Pada gelaran Roadburn 2017 pada 20 hingga 23 April, John Dyer Baizley (Baroness) didapuk menjadi kurator. Beberapa band yang ia pilih mewakili semangat eksperimental Roadburn, seperti Coven, Chelsea Wolfe, Oathbreaker dan Big Bussiness. 

“Di tahun ini, penting bagi kami untuk menegaskan bahwa Roadburn adalah sebuah wadah, komunitas, persaudaraan dan hal-hal positif. Apapun kecenderungan politik anda, ataupun orientasi seksual, agama, warna kulit, akhir-akhir ini dunia terasa menyulitkan, terbelah dan penuh konflik.”

“Sejak dulu, Roadburn adalah wadah di mana kreativitas bisa berkembang, pertemanan bisa terjalin, hubungan bisa lebih kuat, dan perayaan atas persatuan kita. Anggap saja Roadburn sebagai zona aman anda. Kepedulian kita memang penting, tapi tidak ada salahnya beristirahat selama beberapa hari di lingkungan yang inklusif.”

“Kami harap anda bisa bersenang-senang, merasa positif dan kreatif di Roadburn. Buatlah diri anda senyaman mungkin, jangan takut untuk menyuarakan pendapat anda. Pendapat anda sama pentingnya dengan orang lain, dan sekarang kita teramat membutuhkannya,” tulis Roadburn pada pamflet program mereka.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1184 views
superbuzz
1698 views