SWEDEN ROCK FESTIVAL: Gemerlap Pesta Metal di Tanah Skandinavia

  • By: OGP
  • Selasa, 14 March 2017
  • 4735 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Berbicara mengenai lanskap musik di Benua Biru, semua mata tentu tertuju pada Inggris. Ya, memang tak dapat dipungkiri jika negeri Britania Raya selalu konsisten dalam mencetak bibit-bibit unggul yang ditelurkan di jagat musik. Namun jangan salah, jazirah Eropa tak melulu Inggris semata, merangkak ke atas bagian utara terdapat negara yang diakui kapabilitasnya pula dalam memproduksi musisi mancanegara yakni Swedia.

Deretan bintang kelas lima seperti ABBA, Roxette, The Cardigans hingga The Hives berasal dari sana. Ada pula band hardcore sekelas Refused. Belum ditambah band-band metal agresif semacam Entombed, At The Gates, In Flames, Amon Amarth, Meshuggah, Arch Enemy sampai Opeth, hingga membentuk istilah sendiri bernama Swedish death metal. Untuk industri musik, tak salah rasanya jika menyandingkan dua negara berbeda kultur ini.

Hal ini pun berlaku seperti halnya festival musik internasional. Swedia seringkali dianggap menjadi destinasi wajib bagi segelintir penggila musik, hanya untuk sekedar menjalankan ritual sakral selayaknya ibadah rock. Negeri ‘IKEA’ itu juga punya festival musik cadas tahunan bernama Sweden Rock Festival. Event secara resmi digelar pada tahun ini, yakni selama empat hari berturut-turut, terhitung dari tanggal 7-10 Juni 2017, berlokasi di sekitaran Kota Sölvesborg, Swedia.

Sejauh ini pihak penggelar event telah resmi mengonfirmasi beberapa nama penting yang bakal memanaskan venue. Untuk tahun ini, band-band yang diundang pun tak tanggung-tanggung. Sederet headliner cadas diantaranya Aerosmith, Scorpions, In Flames, Kansas, hingga Venom didaulat khusus berada di garda terdepan megahnya panggung.

Selain itu barisan unit-unit pendukung yang tak kalah mumpuni seperti Ministry, Primus, Carcass, Alter Bridge, Warlock, Coheed and Cambria sampai Steel Panther bakal iringan bergantian memandu para festival-goers untuk ber-moshing dan headbang ria.

Gelaran ini pertama kali dihelat di tahun 1992. Hingga sampai saat ini, event telah rutin diadakan tiap tahunnya. Maka tak heran, Sweden Rock Festival telah dianggap sejajar dengan beberapa metalfest terkenal lainnya di dataran Eropa seperti Hellfest, Wacken, dan Graspop Metal Meeting.

1 COMMENTS
  • test aja ya